Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Memuat...

244. Efektivitas Pembelajaran Matematika Realistik Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika


ABSTRAK

Pembelajaran matematika yang diterapkan di sekolah saat ini merupakan basic yang sangat penting dalam keikutsertaannya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Sudah barang tentu, pencapaian target “mencerdaskan kehidupan bangsa”, akan tetap segar bugar dan tegar menyongsong persaingan di era globalisasi dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, yang diaplikasikan pada persaingan era industrialisasi pada semua aspek kehidupan yang relevan dengan kemajuan informasi dan komunikasi yang berkembang dengan pesatnya.

Aktivitas pokok yang dilakukan dalam pembelajaran matematika realistik meliputi : menemukan masalah-masalah/soal-soal kontekstual (looking for problems), memecahkan masalah (solving problems), dan mengorganisir bahan ajar (organizing a subject matter). Hal ini dapat berupa realitas-realitas yang perlu diorganisir secara matematis dan juga ide-ide matematika yang perlu diorganisir dalam konteks yang lebih luas.
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, karena data yang diperoleh berupa angka hasil tes. Pree-test diberikan sebelum siswa mendapat perlakuan (diajar dengan Pembelajaran Matematika Realistik). Dan post-test diberikan setelah siswa mendapat perlakuan.

Dari tabel hasil Uji-t dengan program SPSS.12, nilai thitung sebesar 10,175 dan ttabel sebesar 1,72 dengan taraf signifikan 5%. Kriteria penolakan/penerimaan hipotesis dalam penelitian ini adalah Hipotesis alternatif (H1) diterima jika nilai thitung ttabel dan H1 di tolak jika nilai thitung < ttabel. Dari hasil analisis ditemukan bahwa nilai thitung = 10,175 > ttabel = 1,72 dengan yang berarti H1 diterima dan H0 di tolak artinya ada perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata pree-test (Pembelajaran Biasa) dengan nilai rata-rata post-test (Pembelajaran Matematika Realistik).

Dari hasil penelitian diperoleh bahwa Pembelajaran Matematika Realistik dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII MTs Ar Rasyid pada materi pokok SPLDV. Dengan kata lain, Pembelajaran Matematika Realistik telah berhasil mencapai ketuntasan belajar klasikal secara maksimal yang dibuktikan dengan nilai hasil belajar 20 siswa dari 21 siswa yang mencapai daya serap > 65% atau nilai > 65.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi