Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Memuat...

247. Penerapan Model Pembelajaran Terbalik Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika


ABSTRAK

Pendidikan merupakan sarana untuk meningkatkan diri menuju kehidupan masa depan yang lebih baik, tanpa pendidikan bisa dibayangkan apa jadinya kehidupan ini. Maka wajar jika pendidikan dalam suatu negara menjadi prioritas utama. Pendidikan adalah bantuan atau pertolongan yang diberikan seseorang kepada orang lain untuk mengembangkan dan memfungsionalkan rohani dan jasmani agar dapat mandiri (Musaheri, 2002 : 6).

Proses belajar mengajar di sekolah hendaknya bisa berjalan dengan baik karena hal tersebut terjadi maka akan melahirkan sumber daya manusia yang handal dan berkualitas. Namun karena kurangnya variasi-variasi yang digunakan dalam melaksanakan proses belajar mengajar sehingga banyak siswa yang merasa jenuh bahkan proses pembelajaran sendiri berjalan cenderung monoton. Maka dari itu, diperlukan kreatifitas guru untuk bisa menggunakan berbagai macam variasi dalam proses pembelajaran, salah satunya dengan model pembelajaran terbalik. Model pembelajaran terbalik adalah model pembelajaran yang mengajarkan siswa tentang strategi-strategi kognitif serta untuk membantu siswa memahami bacaan dengan baik (Arend, 1997). Dalam pembelajaran terbalik ini, guru mengajarkan siswa keterampilan-keterampilan kognitif untuk menciptakan pengalaman belajar yang sesungguhnya dimana siswa dituntut untuk bisa menirukan perilaku-perilaku tertentu dari seorang guru dengan mengembangkannya sendiri hingga siswa bisa merangkum, mengajukan pertanyaan, menjelaskan dan memprediksi.

Variabel bebas yang digunakan adalah model pembelajaran terbalik sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas I MMI Jambu baik kelas IA maupun kelas IB. Penelitian ini mengambil sampel kelas I B MMI Jambu dengan teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik sampel kelompok (Clauster Sampling) untuk mengetahui kemampuan siswa maka digunakan instrument post test dan pre test yang berupa soal uraian kemudian data tersebut diolah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran terbalik efektif dalam meningkatkan prestasi belajar matematika.

Hingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran terbalik efektif dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas I MMI Mathlabul Ulum Jambu.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi