Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Memuat...

248. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Pada Materi Pokok Luas Dan Volume Sisi Bangun


ABSTRAK

Pendidikan merupakan wahana kegiatan yang memegang peranan penting dalam kehidupan manusia. Sehingga berbagai cara yang dilakukan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa termasuk memilih model pembelajaran yang tepat dan efektif. Adapun faktor yang sangat menunjang dan saling mempengaruhi adalah siswa itu sendiri yang diharapkan dapat tumbuh menjadi pribadi yang utuh melalui proses belajar mengajar. Bertitik tolak dari hal tersebut maka dirumuskan masalah apakah model pembelajaran kooperatif tipe stad pada materi pokok luas dan volume sisi bangun ruang berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas VI SDN Batuputih Laok I.

Prestasi belajar yang dimaksudkan adalah hasil belajar atau perubahan tingkah laku setelah anak belajar. Model yang digunakan dalam pembelajaran adalah kooperatif tipe stad, adapaun tahap-tahap dalam pembelajaran kooperatif tipe stad yaitu: 1) Tahap persiapan 2) Tahap pembelajaran 3) Pemberian kuis dan 4) Penghargaan kelompok. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe stad.

Penelitian ini menggunakan eksperimen dengan menggunakan pre test dan pos test. Adapun variabel bebasnya adalah penerapan pembelajaran kooperatif tipe stad, sedangkan veriabel terikatnya adalah prestari belajar siswa setelah menggunakan pembelajaran tipe stad, dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan memberikan nilai pada setiap hasil test berupa nilai angka yang menjadi data untuk analisis data.

Setelah diadakan pengujian terhadap semua data yang diperoleh dari kedua variabel yang ada diketahui t hitung lebih dari t tabel yang artinya H0 ditolak Hi diterima dengan demikian berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar sebelum diberikan suatu perlakuan pembelajaran kooperatif tipe stad dengan setelah siswa mendapatkan perlakuan pembelajaran kooperatif tipe stad.

Sehingga dengan haril pengujian tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran kooperatif tipe stad pada materi pokok luas dan volume sisi bangun ruang di SDN Batuputih Laok I dinyatakan efektif. Dan untuk selanjutnya dapat dijadikan sebagai alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan prestasi siswa.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi