Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Memuat...

110. Pengaruh Pemberian Buah Pepaya Terhadap Kadar Enzim Transaminase GOT-GPT dan Gambaran Histologi Hepar Mencit


ABSTRAK

Radikal bebas dalam jumlah berlebih dapat menyebabkan kerusakan jaringan tubuh. Kerusakan jaringan yang meliputi kerusakan jaringan hati menyebabkan kadar enzim transaminase GOT-GPT hepar bebas keluar sel sehingga mengalami peningkatan di dalam serum. Kerusakan jaringan hati yang disebabkan oleh radikal bebas CCl4 dapat diatasi dengan antioksidan. Antioksidan yang diproduksi oleh tubuh kita terkadang mengalami defisiensi, dalam keadaan seperti ini antioksidan eksogen diperlukan. Dalam penelitian ini antioksidan yang digunakan adalah pepaya (Carica papaya) karena kandungan vitamin C dan karoten dari pepaya yang tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian buah pepaya terhadap kadar enzim transaminase GOT-GPT dan gambaran histologi hepar mencit yang diinduksi CCl4 (karbon tetraklorida) Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan menggunakan Rancangan Acak lengkap (RAL) dalam empat ulangan dan empat perlakuan dosis pepaya (Carica papaya) yang berbeda yaitu 0,13 g/mencit/hari, 0,26 g/mencit/hari dan 0,52 g/mencit/hari. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pemberian buah pepaya (Carica papaya) memberikan pengaruh terhadap kadar GOT dan belum memberikan pengaruh pada kadar GPT tetapi berdasarkan rerata terlihat adanya peningkatan kadar GOT-GPT hepar. Berdasarkan uji BNT yang dilakukan pada taraf signifikansi 95 % kontrol dosis I memiliki beda nyata dengan kontrol positif (+), tetapi tidak memiliki beda nyata dengan dosis 0,26g/mencit/hari dan dosis 0,52 g/mencit/hari.

Berdasakan pengamatan histologi tampak histologi hepar mengalami penurunan kerusakan sesuai dengan peningkatan dosis yang diberikan. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa buah pepaya yang memiliki antioksidan tinggi dapat dijadikan sebagai hepatoprotektor, dan untuk mendapatkan pengaruh yang nyata perlu peningkatan dosis dan waktu pemberian buah pepaya (Carica papaya).
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi