Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Memuat...

17. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas VIII Di SMPN

ABSTRAK

Kata Kunci: Cooperative Learning, Prestasi Belajar, Pendidikan Agama Islam
Pendidikan merupakan hal yang penting dalam kehidupan. Setiap manusia memerlukannya sebagai sarana dalam menjalani hari-hari mereka. Pendidikan pada hakikatnya mempunyai jangkauan makna yang sangat luas, serta membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit. Sehubungan dengan hal ini, pendidik diharapkan memiliki kemampuan dan keterampilan yang memadai dalam memilih, serta menggunakan berbagai metode pembelajaran yang mampu mengembangkan iklim pembelajaran yang kondusif bagi siswa untuk belajar. Pendidikan Agama Islam sebagai mata pelajaran di SMP Negeri 2 Turen dirasa mengalami kemandegan. Metode yang ditawarkan mengharuskan siswa mengikuti pembelajaran meliputi datang, duduk, menyimak penjelasan guru, mengerjakan tugas, melihat guru menulis di papan tulis, mengingat, menghafal bahkan menyalin apa adanya segala informasi yang disampaikan guru. Ditambah lagi dengan jam pelajaran yang terbatas, satu kali pertemuan dalam seminggu. Situasi seperti ini mempersempit ruang gerak siswa dalam mengkaji lebih mendalam, menuangkan kreatifitas sebagai upaya pengaktualisasian diri untuk saling berbagi dalam merumuskan, menganalisis, mendiskusikan dan sedapat mungkin memecahkan masalah. Ironis memang, pelajaran yang menjadi harapan dalam pembentukan perilaku-perilaku terpuji cenderung mengarah mematikan potensi-potensi positif dalam diri peserta didik.
Untuk menghindari hal-hal tersebut pembelajaran Cooperative learning sebagai tawaran alternatif karena dapat mengarahkan siswa untuk meningkatkan prestasi belajar siswa serta berkembangnya potensi anak yang belum dapat dilaksanakan sepenuhnya. Sehingga nilai-nilai Islami dalam proses belajar terwujud dengan motode yang manusiawi, menyenangkan dan mengarahkan anak didik. Adapun Rumusan dan Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah guru dalam model pembelajaran cooperative learning dan menegetahui bagaimana prestasi belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran cooperative learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII A SMPN 2 Turen.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan metode penelitian dilakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan tujuan untuk mendiskripsikan fenomena yang ada ditempat penelitian. Tahapan penelitian ini berupa siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, pengukuran tes hasil prestasi belajar dan
xxii
dokumentasi. Adapun data yang bersifat kuantitatif dianalisis dengan menggunakan rumus presentase:
P = Post Rate - Base Rate / Base Rate x 100%

Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa Pendidikan Agama Islam Kelas VIII A di SMPN 2 Turen. Hasil observasi di lapangan menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari pre test ke post test yang semula perolehan nilai skor 10 menjadi 19 skor. Atau berdasarkan hasil perhitungan skor penilaian nilai prestasi belajar siswa berdasarkan indikator dalam lembar observasi menunjukkan bahwa pada siklus I penilaian sebesar 30%, siklus II sebesar 50%, dan siklus III sebesar 90% , jadi peningkatan sebesar 60% point. Dan juga perolehan nilai belajar siswa terjadi peningkatan juga dengan perolehan pada siklus I nilai rata-rata 73,5, siklus II nilai rata-rata 78,3, dan pada siklus III nilai rata-rata 86,5. Jadi, peningkatan sebesar 13 point. Indikator peningkatan ditandai adanya antusias siswa kelas VIII A sudah sangat baik dan berani untuk mengungkapkan ide atau pendapatnya dan juga mereka mampu untuk aktif menjawab pertanyaan dengan tepat terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi