Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Memuat...

18. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Dengan Metode Two Stay Two Stray (TSTS) Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SMP

ABSTRAK


Kata kunci : Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS), Motivasi dan Prestasi Belajar
Berdasarkan observasi awal dan wawancara dengan guru mata Mata Pelajaran, dapat disimpulkan bahwa masalah yang teridentifikasi antara lain siswa kurang aktif menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru, siswa tidak berani bertanya atau kurang bisa mengungkapkan pendapat, serta rendahnya ketekunan sebagian siswa dalam menyelesaikan tugas, serta kurangnya partisipasi siswa dalam diskusi. Masalah-masalah yang terjadi di kelas VII E SMP Negeri 2 Turen tersebut menunjukkan rendahnya Motivasi siswa sehingga berdampak pada prestasi belajar siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka diperlukan suatu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan Motivasi dan Prtestasi Belajar siswa. Metode pembelajaran yang dapat diterapkan adalah salah satu pembelajaran kooperatif metode Two Stay Two Stray (TSTS).
Berangkat dari permasalahan di atas maka secara umum permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu:
  1. Bagaimana Penerapan pembelajaran dengan Metode Two Stay Two Stray (TSTS) yang dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VII E SMPN 2 Turen pada mata pelajaran PAI?
  2. Apakah Penerapan pembelajaran dengan Metode Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan motivasi kelas VII E SMPN 2 Turen pada mata pelajaran PAI?
  3. Apakah Penerapan pembelajaran dengan Metode Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII E SMPN 2 Turen pada mata pelajaran PAI?.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research ) dengan jenis kolaboratif. Tahap-tahap penelitian yaitu melakukan :
  1. Perencanaan tindakan (planning)
  2. Pelaksanaan tindakan (action)
  3. Pengamatan (observation), dan
  4. Refleksi (reflection), kegiatan ini merupakan suatu rangkaian yang berulang sampai mencapai hasil yang diharapkan.
Teknik-teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: Observasi, interview, dokumen, catatan lapangan dan pengukuran tes hasil belajar. Data yang bersifat kualitatif yang terdiri dari hasil observasi, interview, catatan lapangan, dan dokumentasi dianalisis secara kualitatif, sedangkan data yang dikumpulkan berupa angka atau data kuantitatif, cukup dengan menggunakan analisis deskriptif dan sajian visual.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan pembelajaran dengan Metode Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VII E SMPN 2 Turen pada mata pelajaran PAI. Indikator peningkatan motivasi belajar siswa terlihat dari bertambahnya semangat, rangsangan, keinginan dan antusias siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Dari data di lapangan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar siswa yang semula nilai rata-rata pre-test sebesar 26 meningkat menjadi 31 atau sekitar 19% pada siklus I dan pada siklus II lebih meningkat menjadi 45 atau sekitar 45%. Dengan meningkatnya motivasi belajar siswa, maka prestasi belajar merekapun juga meningkat, yang semula nilai rata-rata pre test 70,8 meningkat menjadi 76,5 atau sekitar 8% pada siklus I dan pada siklus II lebih meningkat lagi menjadi 79,3 atau sekitar 12%, dan peningkatan pada pre tes 86,1 atau sekitar 22%.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi