Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Memuat...

32. Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Melalui Reward Dan Punisment Pada Siswa Kelas IV SD

BAB I
PENDAHULUAN 


1.1     Latar Belakang Permasalahan
Tujuan  dari  pendidikan  di  Indonesia  yaitu  mencerdaskan  kehidupan bangsa. Kecerdasan  yang dimaksud  adalah pengembangan  manusia  Indonesia seutuhnya dan seluruhnya. Dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, guru memegang peran penting sebagai tenaga pengajar dan pendidik. 
Pengajaran di dalam kelas tidak dapat dilepaskan dari bagaimana cara dan kualitas guru dalam mengajar. Menurut Winarno Surachmad (1980) metode yang dipakai di sekolah kita pada umumnya adalah metode otoriter, metode membatasi kreativitas  pelajar  untuk  tumbuh  sebagai  pribadi-pribadi  yang  gembira menghadapi  pembelajaran.  Oleh  karena  itu  diperlukan  kegiatan  belajar  yang mampu meningkatkan motivasi siswa. Dengan motivasi belajar yang maksimal maka prestasi belajar dapat meningkat juga. Selain itu strategi pengajar sangatlah penting  untuk  menuntaskan  permasalahan  yang  ada  pada  setiap  kegiatan pembelajaran. 
Dalam  melakukan  pembelajaran  siswa  tidak  hanya  dibekali  dengan banyaknya jumlah buku yang beredar dipasaran, tetapi juga bagaimana cara guru untuk membentuk siswa yang kreatif dan inovatif serta memiliki motivasi belajar yang tinggi. Kreatifitas guru sangatlah dituntut untuk menciptakan siswa yang berprestasi.  Berbagai  macam  metode  dan  cara  harus  digunakan  guru  untuk mendapatkan formula yang tepat dalam setiap kegiatan belajar mengajar. Pembelajaran di kelas IV SD Negeri Penawangan 02 menuntut guru agar kreatif sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang aktif, menarik, efektif dan menyenangkan.  Hal ini dapat diketahui setelah peneliti melakukan observasi, ternyata  suasana  pembelajaran  di  SD  tersebut  kurang  kondusif.    Banyak ditemukan siswa yang tidak mengikuti pelajaran sebagaimana mestinya sehingga apa yang telah diajarkan guru tidak mampu mereka pahami dengan baik yang berakibat pada hasil belajar yang kurang optimal. Hal ini terlihat dari nilai hasil ulangan  harian  yang  rendah  dan  tidak  memenuhi  standar  KKM.  Sedangkan mayoritas pembelajaran yang diberikan oleh guru pada kelas IV  umumnya masih menerapkan  model  pembelajaran  yang  klasikal  dan  metode  ceramah  dan pemberian tugas seperti mencatat. Akibatnya siswa ramai sendiri dalam proses pembelajaran,  mudah  bosan,  serta  guru  mengalami  kesulitan  dalam mengkondisikan kelas sehingga hasil belajar siswa khususnya nilai ulangan harian rata rata rendah masih rendah yakni rata rata 64.
Selain permasalahan yang telah dikemukakan di atas, siswa kelas IV SDN Penawangan 02 juga memiliki semangat belajar yang rendah. Hal ini dapat terlihat dari sikap siswa  yang tidak antusias dalam proses pembelajaran maupun saat mengerjakan tugas. Siswa juga terkesan menyepelekan proses pembelajaran yang difasilitasi  oleh  guru,  terbukti  dengan  sikap  siswa  yang  seenaknya  dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh guru untuk membangkitkan keaktifan siswa. Siswa juga ramai sendiri jika diberi tugas oleh guru. Motivasi belajar siswa yang rendah ini tentu berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Dan perlu dicari solusi untuk memecahkan masalah tersebut.
Salah satu cara yang dapat diupayakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan reward dan punishment dalam proses pembelajaran. Pemberian reward dan punishment dalam pembelajaran akan memberikan efek positif pada peningkatan motivasi belajar siswa sehingga hasil belajar siswa juga akan  meningkat.  Hal  ini  disebabkan  karena  pemberian  reward  dapat mengasosiasikan perbuatan dan kelakuan siswa dengan perasaan senang, bahagia, dan biasanya akan membuat mereka melakukan suatu perbuatan yang baik secara berulang-ulang. Sementara punishment yang diartikan sebagai hukuman atau saksi yang merupakan penguatan negatif namun jika diberikan secara tepat dan bijak bisa menjadi alat pembangkit motivasi yang tepat. Tentu hukuman yang diberikan yang diberikan bersifat pedagogik sehingga dapat mendidik  dan memperbaiki siswa kearah yang lebih baik. Maka pemberian reward dan punishment dengan kombinasi yang tepat akan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Masalah-masalah yang muncul dalam penelitian ini seperti yang telah di
uraikan  sebelumnya,  maka  peneliti  menganggap  penting  untuk  melakukan penelitian di SDN Penawangan 02 dengan menerapkan Reward and Punishment dalam pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Penawangan 02  Kabupaten Semarang.
 1.2     Identifikasi Masalah
Berdasarkan informasi dari Guru kelas IV SD N Penawangan 02, dalam kenyataannya menunjukkan bahwa di kelas IV SD Penawangan 02 masih banyak permasalahan antara lain : 
a. Kegiatan pembelajaran masih didominasi oleh guru.
b. Guru sulit mengkondisikan siswa yang ramai saat pembelajaran.
c. Siswa tidak antusias dalam mengikuti pembelajaran.
d. Siswa cepat bosan dalam kelas.
e. Siswa tidak bisa menyerap pelajaran dengan baik sehingga nilai rata-
rata ulangan harian mata pelajaran IPA 64
f. Penggunakan  metode  yang  kurang  menarik  dalam  pembelajaran
sehingga  berdampak  pada  hasil,  daya  serap,  dan  tingkat  kejenuhan  siswa dalam mengikuti pembelajaran.
 1.3     Batasan Masalah
Masalah-masalah yang terjadi di SD Negeri Penawangan 02 Kabupaten Semarang tersebut perlu mendapat perhatian yang serius, khususnya dalam hal cara mengajar guru. Dengan cara mengajar yang tepat siswa akan lebih mudah memahami apa yang diajarkan oleh guru, yaitu guru menerapkan reward and punishment dalam proses pembelajaran.
 1.4     Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas maka peneliti merumuskan masalah sebagai  berikut  :  ”Apakah  penggunaan  Reward  and  Punishment  dalam pembelajaran  IPA materi macam-macam bentuk energi dapat meningkatkan hasil belajar  siswa  kelas  IV  di  SD  Penawangan  02  Kec.Pringapus    Kabupaten Semarang”? 
1.5     Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah penerapan reward and  punishment  dapat  meningkatkan  hasil  belajar  IPA  siswa  kelas  IV  SD Penawangan 02 Kabupaten Semarang.
 1.6     Manfaat Penelitian
Berdasarkan  tujuan  penelitian  maka  manfaat  yang  diharapkan  dari penulisan skripsi ini sebagai berikut :
a.     Bagi siswa dapat terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran dan meningkatkan hasil siswa.
b.     Bagi pendidik pendidik diharapkan mampu menerapkan reward dan punishment dalam pembelajaran
c.     Bagi sekolah memberi referensi bagi penelitian di lingkungan pendidikan.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi