Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Memuat...

14. Evaluasi dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Keuangan PDAM WAY Bumi Kabupaten Lampung Utara

ABSTRAKSI  

Penyediaan air minum telah menjadi permasalahan utama terutama di  Negara-negara yang sedang berkembang. Hal ini tidak lepas dari betapa  pentingnya fungsi air bagi kehidupan manusia. Indonesia sebagai salah satu  negara berkembang dengan jumlah penduduk yang sangat besar juga mengalami  permasalahan ini. Pengelolaan penyediaan air minum di Indonesia dilakukan oleh  PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) sebagai penyelenggara utama pelayanan  air minum (sebagaimana diatur dalam Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri  Nomor: 690-069 tahun 1994).
Dalam perkembangannya, tanggung jawab yang diemban oleh PDAM
untuk memberikan pelayanan penyediaan air minum yang maksimal kepada  masyarakat tidak dapat terwujud. Data menunjukkan bahwa 90 % dari 300-an  PDAM yang ada di seluruh Indonesia masuk dalam kategori sakit, menanggung  beban utang yang cukup besar (Tempo interaktif,27 April 2007). Hal ini yang  menarik peneliti untuk melakukan penelitian tentang kinerja keuangan PDAM  dan faktor-faktor yang mempengaruhi dengan mengambil study kasus PDAM  Way Bumi Kota Bumi Kabupaten Lampung Utara.  
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan PDAM Way
Bumi Kabupaten Lampung Utara dilihat dari kesehatan keuangan PDAM Way  Bumi Kota Bumi dalam kapasitasnya sebagai BUMD dan ingin mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kinerja keuangan PDAM Way Bumi Kabupaten  Lampung Utara.  
Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan tujuan
evaluatif. Pengumpulan data dengan penelitian lapangan (Field research),  dokumentasi, dan wawancara mendalam (in depth interview). Data variabel  kinerja keuangan dianalisa dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari indikator  faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja keuangan akan dianalisa dengan  pendekatan kualitatif dan sebagai data pendukung dari hasil data indikator  kinerja keuangan.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil dari
masing-masing indikator kinerja keuangan sebagai berikut : indikator Rasio Laba  terhadap aktiva produktif (nilai kinerja 3), Rasio Laba terhadap penjualan (nilai  kinerja 2), Rasio aktiva lancar terhadap utang lancar (nilai kinerja 5), Rasio utang  jangka panjang terhadap total utang (nilai kinerja 1), Rasio total aktiva terhadap  utang (nilai kinerja 3), Rasio biaya produksi terhadap pendapatan operasi (nilai  kinerja 3), Rasio laba operasi sebelum biaya penyusutan terhadap angsuran  pokok dan bunga jatuh tempo (nilai kinerja 3), asio aktiva produktif terhadap  penjualan air (nilai kinerja 3), jangka waktu penagihan piutang (nilai kinerja 1),  dan efektivitas penagihan (nilai kinerja 2). Secara keseluruhan dapat disimpulkan  bahwa skor yang diperoleh PDAM Way Bumi Kota Bumi adalah 26 masuk dalam
kategori  Kurang Sehat.Keadaan keuangan PDAM Way Bumi Kota Bumi yang  kurang sehat tersebut, berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan disebabkan  oleh : Tingginya biaya operasional yang dikeluarkan oleh PDAM Way Bumi Kota  Bumi untuk menghasilkan per M3 air yang disebabkan oleh kondisi jaringan yang  sudah tidak sesuai, dan penggunaan alat yang tidak sesuai dengan kebutuhan,  Rendahnya sumber daya manusia sebagai alat pelaksana kebijakan, Struktur tarif  yang tidak sesuai dengan biaya operasional yang dikeluarkan.
File Selengkapnya.....


Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi