Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Memuat...

194.Evaluasi Penatalaksanaan Kanker Ovarium

ABSTRAK  

Tujuan : Untuk mengevaluasi hasil penatalaksanaan kanker ovarium di  RSUP. H. Adam Malik Medan.

Rancangan Penelitian : Penelitian ini bersifat prospektif yang diuraikan secara  deskriptif analitik dengan meneliti data-data sejak pasien masuk / pengobatan  hingga saat ini dan ditambah kunjungan kerumah terhadap semua penderita  tumor ovarium yang di rawat dan diterapi di RSUP. H. Adam Malik mulai  Januari 2002 – Desember 2006. Data dalam penelitian ini merupakan data  primer yang dikumpulkan dari semua catatan medik tumor ovarium yang di  rawat di sub divisi Onkologi Departemen Obstetri dan Ginekologi FK. USU /  RSUP. H. Adam Malik  Medan periode Januari 2002–Desember 2006 dan  kunjungan rumah, di salin kedalam formulir yang telah disediakan.
Hasil Penelitian : Pada penelitian yang dilaksanakan dari Januari 2002  sampai Desember 2006 di RSUP H. Adam Malik Medan terdapat  128 kasus  kanker ovarium yaitu 112 kasus (87.5%) kanker ovarium jenis epitel dan 16  kasus (12.5%)  kanker ovarium non epitel. Karakteristik kanker ovarium jenis  epitek yang ditemukan  adalah, umur yang paling banyak menderita kanker  ovarium jenis epitel adalah usia 40-49 tahun 38 orang (33.8%) dan insiden  tumor ovarium jenis epitel paling banyak dijumpai pada adekuat staging  (stadium IA & B, IC, IIA & B & C, IIIA & B, IIIC dan IV) sebanyak 68 orang  (60.7%). Gambaran waktu bebas penyakit pasien kanker ovarium adalah,  pada pasien tidak kambuh yang menjalani surgical staging sebanyak 70  orang dengan nilai rata-rata waktu bebas penyakit adalah 36.93 ± 19.83  bulan, yang menjalani SOU sebanyak 16 orang  dengan nilai rata-rata waktu  bebas penyakit adalah 38.44 ± 24.54 bulan, yang menjalani debulking  sebanyak 3 orang dengan nilai rata-rata waktu bebas penyakit adalah 7.33 ±  12.70 bulan dan yang tidak menjalani operasi sebanyak 7 orang dengan nilai  rata-rata waktu bebas penyakit adalah 8.71 ± 10.23 bulan. Pasien kambuh  yang menjalani surgical staging sebanyak 11 dengan nilai rata-rata waktu  bebas penyakit adalah 28.55 ± 17.04 bulan dan yang menjalani SOU
sebanyak 5 orang dengan nilai rata-rata waktu bebas penyakit adalah 26.60 ±  32.22 bulan. Dari hasil uji anova disimpulkan tindakan surgical staging dan  SOU lebih bermanfaat untuk memperpanjang jarak waktu bebas penyakit.
Pada jarak kematian pasien kanker ovarium dapat dilihat bahwa pasien tidak  kambuh yang menjalani surgical staging sebanyak 70 orang dengan nilai rata-rata jarak kematian adalah 25.27 ± 18.68 bulan, yang menjalani SOU  sebanyak 16 orang  dengan nilai rata-rata jarak kematian adalah 5.00 ± 5.66  bulan, yang menjalani debulking sebanyak 3 orang dengan nilai rata-rata  jarak kematian adalah 2.33 ± 2.31 bulan dan yang tidak menjalani operasi  sebanyak 7 orang dengan nilai rata-rata jarak kematian adalah 2.00 ± 1.73  bulan. Pasien kambuh yang menjalani surgical staging sebanyak 11 dengan  nilai rata-rata jarak kematian adalah 29.17 ± 15.76 bulan dan yang menjalani  SOU sebanyak 5 orang  dengan nilai rata-rata jarak kematian adalah 15.50 ±  4.95 bulan. Dari hasil uji anova disimpulkan tindakan surgical staging dan  SOU lebih bermanfaat untuk memperpanjang jarak kematian.
Kesimpulan : Ada perbedaan rata-rata waktu bebas penyakit pada pasien  kanker ovarium jenis epitel yang tidak kambuh berdasarkan jenis operasi, dan  dari hasil uji anova disimpulkan tindakan surgical staging dan SOU lebih  bermanfaat untuk memperpanjang jarak waktu bebas penyakit. Selanjutnya,  ada perbedaan rata-rata jarak kematian pada pasien kanker ovarium jenis  epitel yang tidak kambuh berdasarkan jenis operasi dan hasil uji anova  menyimpulkan bahwa tindakan surgical staging dan SOU lebih bermanfaat  untuk memperpanjang jarak kematian.

Kata Kunci : Jarak Kematian, Kanker Ovarium, Surgical Staging, Waktu Bebas Penyakit  
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi