Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Memuat...

196.Histerektomi Radikal Pada Kanker Serviks

ABSTRAK  

Tujuan : Untuk mengevaluasi outcome tindakan histerektomi radikal yang

dilakukan pada penderita kanker serviks di RSUP.H.Adam Malik Medan,  mengetahui karakteristik penderita, hubungan besar tumor dan stadium  dengan keterlibatan Kelenjar Getah Bening (KGB), mengetahui Interval  Bebas Penyakit (IBP) dan komplikasi dini histerektomi radikal.
Rancangan Penelitian : Penelitian ini bersifat deskriptif dengan meneliti data  – data yang diambil dari rekam medik semua penderita kanker serviks yang  dilakukan histerektomi radikal di RSUP.H.Adam Malik Medan mulai Januari  2002 hingga Desember 2006. Data yang diperoleh dicatat di formulir  penelitian dan dianalisa secara statistik dengan uji Chi-square. Hasil Penelitian : Dalam kurun waktu Januari 2002 hingga Desember 2006,  dijumpai sebanyak 136 kasus kanker serviks yang terdiri dari 37 kasus  stadium awal ( 27,2 %)  dan 99 kasus stadium lanjut (72,8%). Dari 37 kasus  stadium awal tersebut, 10 kasus tidak dilakukan histerektomi radikal dengan  berbagai alasan sehingga jumlah kasus yang termasuk dalam penelitian ini  adalah 27 kasus. Kasus kanker serviks stadium awal yang dilakukan  histerektomi radikal terbanyak berada pada kelompok usia 40 – 49 tahun  yaitu sebanyak 18 kasus (66,7%). Sebanyak 9 (33,3%) kasus menikah pada  usia <20 18="" kasus="" menikah="" pada="" selebihnya="" tahun="" usia="">20 tahun.  Kasus terbanyak adalah wanita dengan paritas 2 – 4 yaitu 16  (59,3%) kasus.  
Dua (7,4%) kasus mempunyai suami 2 orang, dan 25 (92,6%) kasus  mempunyai suami 1 orang. Ditinjau dari pekerjaan suami, dijumpai pekerjaan  suami terbanyak adalah : 10 (37,0%) kasus wiraswasta. Sebagian besar kasus kanker serviks yang dilakukan histerektomi radikal  berada pada stadium IB1 yaitu sebanyak 10 (37%) kasus. Jenis histopatologi  terbanyak adalah karsinoma sel skuamosa yaitu sebanyak 16 (59,3%) kasus.  Lebih dari separuh kasus yaitu sebanyak 14 (51,16%) datang dengan tumor  yang sudah besar ( besar tumor > 4 cm ). Dari laporan hasil pemeriksaan  histopatologi dijumpai  12 (44,4%) kasus sudah dijumpai metastase ke KGB  pelvis, 12 (44,4%) kasus tidak dijumpai keterlibatan KGB pelvis, sedangkan 3  kasus sisanya tidak dilaporkan tentang keterlibatan KGB nya. Disamping itu  dijumpai 2 (7,4%) kasus masih dijumpai  sel tumor pada batas sayatan  vagina.
Dari 27 kasus yang dilakukan histerektomi radikal, sebanyak 14(51,9%) kasus  tidak didapatkan data tentang pengamatan lanjut, sehingga yang dapat dinilai  tentang interval bebas penyakit hanya 13(48,1%) kasus, Seluruh kasus yang  dilakukan histerektomi radikal mempunyai interval bebas penyakit rata – rata  29,69 bulan. Komplikasi  dini paska histerektomi radikal yang dijumpai hanya  terjadi pada 2 (7,4%) kasus berupa disfungsi kandung kemih.
Kasus dengan besar tumor ≤4 cm ternyata dijumpai keterlibatan KGB positif  sebanyak 4 (36,4%) kasus sedangkan kasus dengan besar tumor >4 cm yang  mengalami keterlibatan KGB sebanyak 8 (61,5%) kasus ( p = 0.219 ). Sejalan  dengan hal tersebut diatas, berlaku juga pada perbedaan stadium, dimana  pada stadium IB1 ternyata dijumpai keterlibatan KGB positif sebanyak 3  (33,3%) kasus sedangkan stadium IB2 yang mengalami keterlibatan KGB  sebanyak 7 (58,3%) kasus, dan pada stadium IIA yang dijumpai keterlibatan  KGB positif sebanyak 2 (66,6%) kasus ( p = 0.435 ).
Kesimpulan : Pada penelitian ini ditemukan tidak dijumpai hubungan yang  bermakna antara besar tumor dan stadium kanker serviks dengan  keterlibatan KGB pada penderita kanker serviks yang telah dilakukan  tindakan histerektomi radikal. Nilai rerata bebas penyakit pada penderita  kanker serviks yang telah dilakukan tindakan histerektomi radikal di  RSUP.H.Adam Malik Medan adalah 29,69 bulan .Komplikasi dini post operatif   histerektomi radikal yang dijumpai hanya berupa disfungsi kandung kemih .

Kata Kunci : stadium kanker serviks, histopatologi, komplikasi dini post  operatif, histerektomi radikal.

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi