Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

279.Hubungan Kadar Serum Laminin Dengan

ABSTRAK  

HUBUNGAN KADAR SERUM LAMININ DENGAN KEPARAHAN PENYAKIT HATI
Iman Randal Tarigan*, Mabel Sihombing**
Divisi Gastroenterohepatologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam  FK USU / RSUP H.Adam Malik

Latar Belakang: Patogenesis fibrosis hati merupakan proses yang sangat kompleks melibatkan hepatic stellate cells (HSC)  sebagai sel utama, sel Kupffer, lekosit, bermacam-macam mediator, sitokin, growth factors dan  inhibitornya serta berbagai jenis kolagen. Beberapa cara yang digunakan untuk melihat alternative lain  dalam menentukan derajat fibrosis hati dengan memeriksakan laminin (LN) serum. Penelitian sebelumnya belumlah menggambarkan keseragaman nilai LN dalam menentukan derajat kerusakan hati.  
Tujuan:  Untuk mengetahui peningkatan  kadar serum LN pada penderita SH dan untuk membuktikan  bahwa peningkatan kadar serum laminin berbanding lurus dengan peningkatan derajat keparahan SH.
Penelitian dilakukan secara studi potong lintang dengan pendekatan deskriptif analitik, mulai  Januari 2008 - Juni 2008, dan mengikutsertakan pasien laki-laki dan perempuan penderita SH rawat jalan poliklinik dan rawat inap di Divisi Gastroenterohepatologi Departemen Penyakit Dalam RS.H. Adam Malik  Medan serta pasien praktek Spesialis Penyakit Dalam-Konsultan Gastroenterohepatologi di Medan. Diagnosis ditegakkan dengan anamnesis, pemeriksaan fisik, USG dan pemeriksaan laboratorium .  
Hasil: Produksi LN terutama di hati dan kadarnya berbanding lurus dengan derajat keparahan hati. Pada  penelitian ini didapati kelompok pasien CTP A kadar LN serum 718,30 + 282,22 ng/ml, CTP B kadar LN  serum 1241 + 173,80 ng/ml sedangkan pada CTP C kadar LN serum 1732,82 + 411,34  ng/ml. Ada  perbedaan yang bermakna antara kadar LN serum pada penderita sirosis hati CTP A dengan CTP B  (p=0,0001), B dengan C (p=0,0001) dan juga CTP A dengan C (p=0,0001). Korelasi positif dijumpai  antara CTP dengan kadar serum LN. Hubungan ini diperkuat dengan analisa regresi yang menunjukkan  kuat hubungan antara CTP dengan kadar serum LN sebesar 65,3%.
Kesimpulan: Kadar LN dalam serum berbanding lurus dengan beratnya derajat kerusakan hati pada penderita SH dan  kadar LN penderita SH lebih tinggi dibanding orang sehat.  

Kata Kunci: fibrosis hati, LN, CTP
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi