Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Memuat...

29. Model Pemeriksaan Konsistensi Basis Data Terhadap Sejumlah Integrity Constraint#

ABSTRAKSI  

Database Management System (DBMS) memiliki peran yang sangat penting dalam pengelolaan data dan menjaga konsistensi data. Akan tetapi, tidak semua DBMS mendukung penanganan seluruh jenis integrity constraint. Permasalahan timbul ketika DBMS tidak dapat menangani integrity constraint tertentu sehingga harus dilakukan di tingkat aplikasi. Pemeriksaan di tingkat aplikasi dapat menyebabkan kebocoran, yaitu data yang masuk tidak sesuai dengan constraint yang ada. Oleh karena itu, perlu adanya suatu cara pemeriksaan integrity constraint di tingkat aplikasi, yang dapat memberikan output yang berguna untuk memperbaiki konsistensi data. Pada Tugas Akhir ini dibahas mengenai model pemeriksaan konsistensi suatu instans basis data terhadap integrity constraint yang dapat mengakomodasi berbagai jenis integrity constraint. Dari proses pengklasifikasian integrity constraint didapat dua jenis integrity constraint, yaitu state dan transition  integrity constraint, tetapi model pemeriksaan ini hanya dapat diterapkan pada state  integrity constraint. Untuk menyatakan integrity constraint pada suatu basis data digunakan metadata  definisi  integrity constraint,  metadata instansiasi integrity constraint, dan metadata  parameter  integrity constraint. Metadata definisi integrity constraint menyimpan cara memeriksa suatu integrity  constraint, metadata instansiasi integrity constraint menyimpan instansiasi suatu integrity constraint  pada basis data, sedangkan metadata parameter integrity constraint menyimpan parameter-parameter  sebuah instans integrity constraint. Khusus untuk integrity constraint yang telah terdefinisi dengan  jelas dan secara umum digunakan di banyak basis data, dibentuk metadata khusus yang hanya  menyimpan informasi parameter integrity constraint tersebut. Empty result-set query digunakan dalam  pemeriksaan karena dapat mengetahui apakah suatu integrity constraint terpenuhi atau tidak, dan  sekaligus menghasilkan tuple-tuple yang melanggar integrity constraint, jika ada, untuk digunakan  dalam pembuatan laporan.  
Perangkat lunak yang mengimplementasi model pemeriksaan yang dihasilkan telah dibuat di atas platform Java. Perangkat lunak tersebut digunakan untuk mengelola integrity constraint yang terdefinisi terhadap suatu basis data, dan memeriksa integrity constraint tersebut. Berdasarkan hasil pengujian, perangkat lunak telah dapat digunakan untuk memeriksa integrity constraint dengan baik dan menghasilkan laporan yang sesuai. Dari pelaksanaan Tugas Akhir ini dapat disimpulkan bahwa pemeriksaan konsistensi suatu instans  basis data terhadap sejumlah integrity constraint di tingkat aplikasi dapat dilakukan dengan  mendefinisikan  metadata yang menyimpan informasi mengenai integrity constraint dan cara  pemeriksaannya. Mekanisme pendefinisian metadata seperti ini juga membuat model pemeriksaan ini  dapat mengakomodasi integrity constraint jenis baru.  

Kata kunci: integrity constraint, konsistensi data, metadata, empty result-set query  

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi