Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

13. Faktor Determinan Kesulitan Beajar Pada Siswa Smk Ypi Rembang Tahun Ajaran 2015-2016

ABSTRAK

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di SMK YPI Rembang yaitu terdapat banyak siswa yang sulit dalam menerima pelajaran atau mengalami kesulitan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi kesulitan belajar pada siswa SMK YPI Rembang, (2) Untuk mengetahui faktor yang paling dominan yang mempengaruhi kesulitan belajar pada siswa SMK YPI Rembang. Manfaat penelitian ini menambah pengalaman dan wawasan tentang faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar pada siswa SMK YPI Rembang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian survey. Populasi penelitian adalah seluruh  siswa  SMK YPI Rembang  tahun  ajaran  2015/2016,  dan   sebagai sampelnya adalah 32 siswa SMK YPI Rembang dengan siswa kelas X, XI dan XII. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling dengan metode cluster sampling.  Metode  dan  alat  pengumpulan  data  dengan  menggunakan  skala kesulitan belajar. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif persentase.
Hasil penelitian menunjukkan adanya faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar pada siswa SMK YPI Rembang. Hasil analisis data menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar terdiri dari faktor psikologis, fisiologis, keluarga, sekolah dan masyarakat. Didapat hasil sebesar: Faktor psikologis berpengaruh sebesar 45% termasuk dalam kategori sedang, faktor fisiologis berpengaruh sebesar 60% termasuk dalam kategori tinggi, faktor keluarga sebesar   63% termasuk dalam kategori tinggi, faktor sekolah sebesar 68%  termasuk  dalam  kategori  tinggi,  dan faktor masyarakat  sebesar  81% termasuk dalam kategori sangat tinggi. Dengan demikian, terdapat beberapa faktor yang  mempengaruhi  kesulitan  belajar  pada  siswa  SMK  YPI  Rembang  tahun ajaran 2015/2016.
Simpulan dari penelitian ini adalah faktor  yang paling dominan dalam mempengaruhi kesulitan belajar pada siswa SMK YPI Rembang tahun ajaran 2015/2016 adalah faktor masyarakat dengan persentase sebesar 81%. Saran bagi guru BK diharapkan agar bisa memberi layanan bimbingan dan konseling belajar dengan baik untuk mengatasi kesulitan belajar pada siswa SMK YPI Rembang.

Kata kunci: kesulitan belajar
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi