Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

14. Keefektifan Konseling Behavior Dengan Teknik Assertive Training Untuk Mengurangi Perilaku Konformitas Negatif Pada Siswa Kelas Xi Ips

ABSTRAK

Konformitas merupakan perubahan perilaku remaja sebagi usaha untuk menyesuaikan diri dengan norma kelompok acuan baik ada maupun tidak ada tekanan secara langsung yang berupa suatu tuntutan tidak tertulis dari kelompok teman sebaya terhadap anggotanya namun memiliki pengaruh yang kuat dan dapat menyebabkan   munculnya   perilaku-perilaku   tertentu   pada   remaja anggota kelompok tersebut. Data yang diperoleh dari hasil analisis angket menunjukkan beberapa siswa mengalami konformitas negatif. Peneliti menggunakan teknik assertive training untuk mengurangi konformitas negatif. Berdasarkan latar belakang tersebut maka rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah apakah teknik assertive training efektif untuk mengurangi perilaku konformitas negatif siswa SMA Islam Nahdlatusysyubban Demak.
Penelitian ini termasuk kedalam penelitian eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan yaitu one group pre test-post test design. Konseli diberikan pre test sebelum diberikan layanan konseling individu dan post test setelah diakhiri proses konseling. Pre dan post test berupa skala konformitas. Uji hipotesis menggunakan uji wilcoxon dengan membandingkan jenjang terkecil dari hasil pre dan post test. Konseling dilakukan selama lima minggu dengan lima kali pertemuan pada masing-masing konseli. Subyek penelitian ini adalah enam siswa dengan inisial AF, SM, NK, IM, EF dan ZN.
Hasil penelitian ini yaitu (1) keenam konseli mengalami konformitas negatif dengan rata-rata nilai skor 76,36% (2) keenam konseli mengaami penurunan konformitas negatif dengan rata-rata skor 43,23% (3) Konformitas negatif  siswa dapat  dikurangi  menggunakan  teknik  assertive  training. Hal  ini  dibuktikan melalui uji wilcoxon dengan membandingkan jenjang terkecil dari hasil pre dan post test, diperoleh Thitung= 0 dan Ttabel = 0 (dengan taraf signifikansi 5%, N=6) sehingga dapat disimpulkan Thitung  Ttabel, uji manual Z hitung diperoleh hasil 2,206 dan Z tabel = 1,645 sehingga Z hitung> Z tabel. Sehingga Ha diterima dan Ho di tolak.
Simpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah (1) mengalami penurunan perilaku konformitas negatif pada semua konseli setelah diberikan perlakuan berupa teknik assertive training (2) Teknik assertive training efektif untuk mengurangi perilaku konformitas negatif. Oleh karena itu, Guru BK di sekolah dapat menggunakan teknik assertive training untuk mengurangi perilaku konformitas negatif siswa. Saran untuk konseli agar tetap berkomitmen untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Kata Kunci : konformitas negatif , assertive training
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi