Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

15. Meningkatkan Pemahaman Karakter Dasar Pada Siswa Kelas Viii G Melalui Layanan Informasi Di Smp Negeri 34 Semarang

ABSTRAK

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ditemukan pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 34 Semarang yang menunjukkan pemahaman karakter dasar yang masih rendah, data ini diperkuat dengan hasil analisis Daftar Cek Masalah (DCM) berdasarkan perilaku siswa yang masih sulit membiasakan diri untuk dapat disiplin, jujur dan tidak egois. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah pemahaman tentang karakter dasar siswa dapat ditingkatkan melalui layanan informasi. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris tentang peningkatan pemahaman karakter dasar siswa melalui layanan informasi.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian yaitu one group pre test-post test. Penelitian eksperimen adalah penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 34 Semarang yang berjumlah  254  siswa.  Teknik  sampling   yang  digunakan  adalah  purposive sampling dan diperoleh sampel penelitian di kelas VIII G sejumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data dengan menggunakan instrument tes pemahaman karakter dasar siswa. Analisis data yang digunakan melalui analisis deskriptif presentase dan ujit-test.
Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa pemahaman  karakter  dasar siswa sebelum diberikan layanan informasi termasuk kategori sedang dengan presentase rata-rata sebesar 69.48%. Setelah diberikan layanan informasi termasuk dalam kategori sangat tinggi dengan presentase 90.85% sehingga terjadi peningkatan sebesar 21.37%. Selain itu diperoleh data melalui uji beda t-test dengan n=32 taraf signifikansi 5% didapat thitung = 30,312 dan ttabel = 2,042, jadi thitung> ttabel sehingga dinyatakan bahwa  hipotesis  alternatif(Ha)  diterima  dan  hipotesis  nol  (Ho) ditolak. Hal tersebut menunjukkan bahwa adanya peningkatan pemahaman karakter dasar siswa sebelum dan sesudah mendapatkan perlakuan berupa layanan informasi.
Simpulan dari penelitian ini adalah pemahaman karakter dasar siswa kelas VIII G SMP Negeri 34 Semarang tahun ajaran 2015/2016 dapat ditingkatkan melalui  layananinformasi. Sehubungan dengan  hasil  penelitian  ini  diharapkan guru BK mau memanfaatkan layanan informasi dengan sebaik-baiknya, untuk membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman karakter dasar. Selain itu guru BK diharapkan mampu memanfaatkan media dalampemberian layanan informasi yang menjadikan siswa lebih tertarik dan mudah memahami layanannya.

Kata Kunci: pemahaman karakter dasar, layanan informasi.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi