Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

209. Hubungan Antara Kebiasaan Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Di Kelas Iv Sdn Gugus Muwardi Kecamatan Kaliwungu.

ABSTRAK

Kebiasaan belajar merupakan tingkah laku yang terbentuk karena dilakukan secara berulang-ulang dengan mengikuti cara atau pola tertentu, sehingga akan terbentuk sebuah kebiasaan belajar. Kebiasaan belajar setiap siswa berbeda-beda sesuai  dengan  karakteristik  masing-masing  siswa. Dengan  katalain,  kebiasaan belajar   merupakan   cara-cara   belajar   yang   dilakukan   oleh   siswa untuk memperoleh ilmu pengetahuan. Hasil belajar yang difokuskan dalam penelitian ini yaitu hasil belajar kognitif pada tiga mata pelajaran yaitu bahasa indonesia, matematika dan IPA. Ketiga mata pelajaran tersebut merupakan mata pelajaran UN dan menjadi tolak ukur untuk menentukan kelulusan siswa.Oleh karena itu, siswa dituntut untuk meningkatkan proses belajar ketiga mata pelajaran tersebut agar dapat mencapai standar kelulusan yang ditetapkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaiamanakah kebiasaan belajar siswa kelas IV, bagaimanakah hasil belajar siswa kelas IV, apakah ada hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar siswa kelas IV SDN Gugus Muwardi Kecamatan Kaliwungu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan mendeskripsi hubungan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar siswa kelas IV SDN Gugus Muwardi Kecamatan Kaliwungu.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Gugus Muwardi Kecamatan  Kaliwungu  yang berjumlah 265 dengan jumlah  sampel  80  siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampling kuota. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi, wawancara tidak struktur, angket, dan dokumentasi yang dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas data dan uji linieritas regresi. Uji hipotesis meliputiuji korelasi Product Moment, dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kebiasaan belajar siswa kelas IV dengan persentase 38,75% tergolong sedang; (2) hasil belajar siswa dengan persentase 36,25% tergolong cukup; (3) ada hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar sebesar 31% ditunjukkan dengan adanya thitung   >ttabel (0,559>0,220)dantarafsignifikansi0,05, korelasi dalam penelitian ini tergolong sedang.
Simpulan  dari  penelitian  ini  adalah  terdapat  hubungan  yang  signifikan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar, dan tergolong sedang. Saran guru harus memperhatikan dan memantau hasil belajar siswa dengan memberi bimbingan dan motivasi agar lebih semangat dalam belajarnya serta siswa dapat membiasakan diri belajar secara optimal.

Kata Kunci: kebiasaan belajar, hasil belajar.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi