Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

11. Materi dakwah dalam naskah pementasan Teater Wadas

ABSTRAK

Sebagai salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Fakultas Dakwah, sudah barang tentu Teater Wadas secara tidak langsung juga memiliki tanggung jawab terhadap proses dakwah melalui aktivitasnya. Proses dakwah merupakan suatu kegiatan yang pada hakekatnya terkandung proses penyuluhan (suluh = terang) dengan tujuan sederhana agar mad’u dapat mengetahui sesuatu hal sehingga diharapkan siap dan dapat menghadapi permasalahan dalam kehidupan. Hal inilah yang kemudian mendorong peneliti untuk melakukan kajian penelitian terhadap naskah yang pernah dipentaskan oleh Teater Wadas pada periode 2010-2012 dalam perspektif Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI). Rumusan masalah yang diajukan adalah bagaimana materi dakwah yang terkandung dalam naskah pementasan Teater Wadas periode 2010-2012 dan bagaimana materi dakwah dalam naskah pementasan Teater Wadas periode 2010-2012 dalam perspektif BPI.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi serta ditunjang dengan wawancara. Sedangkan analisa   dalam   penelitian   ini   menggunakan   analisa   isi   (content analysis). Berdasarkan pembahasan dan analisa yang peneliti lakukan diperoleh hasil bahwa:
Materi  dakwah  tentang  aqidah  tidak  terkandung  dalam  semua naskah pementasan Teater Wadas periode 2010-2012. Dari tiga naskah, hanya dua naskah yang di dalamnya terkandung materi dakwah tentang aqidah yakni naskah "Atas Nama Cinta” dan “Yang Terkubur”. Materi aqidah yang terkandung dalam dua naskah tersebut berhubungan dengan keimanan kepada Allah, keimanan kepada Nabi/Rasul dan keimanan kepada takdir Allah. Keimanan kepada Allah menjadi materi terbanyak. Pemaparan materi tentang keimanan tidak hanya disampaikan dalam perilaku positif saja namun juga dalam adegan yang kontradiktif (berlawanan) untuk menunjukkan adanya aspek keimanan negatif yang seringkali dialami oleh umat Islam. Materi dakwah tentang syari’at hanya terkandung dalam naskah “Ya Fatimah” dan tidak  ada dalam dua naskah lainnya. Materi dakwah tentang syari’at yang dipaparkan berhubungan dengan syari’at dalam berkeluarga dan bermasyarakat, khususnya yang berkaitan dengan berburuk sangka serta syari’at dalam menerima berita serta menyelesaikan masalah yang terjadi di tengah-tengah masyarakat. Materi dakwah tentang   akhlak   terkandung   dalam   seluruh   naskah   dengan klasifikasi sebagai berikut: naskah “Ya Fatimah” dominan dengan materi akhlak bermasyarakat dan berkeluarga; naskah “Atas Nama Cinta” terkandung materi akhlak yang lebih merata yakni akhlak kepada   Allah,   akhlak   kepada   orang   lain,   akhlak   kepada masyarakat dan akhlak   berkeluarga (suami-isteri); sedangkan dalam naskah “Yang Terkubur” materi akhlak lebih didominasi akhlak kepada Allah dan juga terkandung akhlak dalam berkeluarga (suami-isteri).
Dalam tinjauan BPI, materi dakwah yang disampaikan dalam tiga naskah Teater Wadas periode 2010-2012 merupakan metode tidak langsung dan merupakan tehnik baru yang belum ada dalam teori. Asas-asas BPI yang ada dalam materi dakwah pada tiga naskah yang diteliti meliputi asas kebahagiaan dunia dan akhirat, asas sosialitas manusia, asas kekhalifahan manusia, asas saling menghargai  dan  menghormati  dan  asas  musyawarah.  Materi- materi yang terkandung juga telah memenuhi tujuan BPI dalam upaya mencegah dan memecahkan masalah serta menjaga kondisi yang kesemuanya sangat bergantung pada kemampuan pembimbing dalam memberikan penjelasan dan arahan analisa isi naskah kepada mad’u yang berperan sebagai pembaca dan penikmat alur cerita naskah dengan berbagai dialog dan peran tokoh di dalamnya.

Kata Kunci: Materi Dakwah, Naskah Pementasan, Teater Wadas, BPI. 
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi