Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

12. Pelaksanaan metode seft total solution dalam menangani trauma remaja korban perkosaan

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang mendalam tentang pelaksanaan metode SEFT Total Solution dalam menangani trauma remaja korban perkosaan di Yayasan As Samawat Semarang dan menganalisis bimbingan dan konseling Islam dalam menangani trauma remaja korban perkosaan di Yayasan As Samawat Semarang. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi khasanah ilmu terutama bagi jurusan bimbingan dan penyuluhan Islam dalam memberikan gambaran  yang  jelas  mengenai  pelaksanaan  metode SEFT Total Solution dalam menangani trauma remaja korban perkosaan.   Kegunaan   bagi   Yayasan   As   Samawat   yaitu   dapat digunakan  dalam  upaya  peningkatan  penanganan  trauma  remaja korban perkosaan.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di Yayasan As Samawat, dengan fokus penelitian pada  remaja  korban  perkosaan.  Sumber  data dalam penelitian ini adalah staf, dan konselor di Yayasan As Samawat dan dokumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber tertulis yang berupa buku, sumber arsip, dokumen resmi di Yayasan As Samawat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Yayasan As Samawat dalam menangani trauma remaja korban perkosaan dengan beberapa tahapan, tahap   pertama   adalah   melakukan   diagnosa   atau memperhatikan masalah  klien,  kedua,  mensucikan  jiwa  atau  minta  ampun  kepada Allah  SWT atas  segala  dosa  yang  dilakukan,  ketiga,  mendoakan sesuai dengan tujuan, keempat, pemberian nasihat, kelima Eksekusi dengan lembut atau melakukan tapping. Proses pelaksanaan metode SEFT Total Solution dalam menangani trauma remaja korban perkosaan di Yayasan As Samawat Semarang adalah suatu kegiatan bimbingan  yang  dilakukan  oleh  konselor  yang  diberikan  kepada korban dan keluarga korban. Keberadaan konselor sangat membantu  klien untuk membantu mengembalikan kondisi psikologisnya kepada kondisi yang lebih baik, hal ini merupakan salah satu bentuk upaya penyembuhan secara holistik. Hasil bimbingan dan konseling Islam dalam menangani trauma remaja korban perkosaan di Yayasan  As Samawat Semarang menggunakan metode langsung dengan penalaran logis yaitu berdialog dengan akal dan perasaan dimana pembimbing berdialog  langsung kepada  klien  secara  tatap  muka.  Pembimbing dalam memberikan layanan, harus memahami kondisi klien, menjalin hubungan baik, dan saling percaya. Bimbingan dan konseling Islam suatu rangkaian kegiatan penyampaian atau pemberian nasehat yang Islami oleh pembimbing atau konselor. Materi yang disampaikan berkisar pada pemahaman akidah, akhlak dan ibadah. Dalam materi akidah yang disampaikan berkisar tentang keimanan dan ketaqwaan. Materi akhlak yang disampaikan meliputi sifat ikhlas, sabar, bertawakal, dan ikhtiar. Sedang materi ibadah yang disampaikan meliputi ibadah sholat dan dzikir. Materi-materi itu disampaikan dengan nasehat secara langsung kepada klien dengan berdialog, tanya jawab, dan dengan persuasif.

Kata kunci: Metode SEFT Total Solution, Trauma Remaja Korban Perkosaan,   Bimbingan   dan   Konseling   Islam,   dan   Yayasan   As Samawat Semarang. 
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi