Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

20. Perlindunga Hukum Bagi Pengguna Jasa Angkutan Antar Kota Bus CV. INTRA

ABSTRAK

Pengangkutan  atau  transportasi darat  merupakan  bidang  kegiatan  yang sangat penting dalam kehidupan di Indonesia. Transportasi diartikan sebagai kegiatan memindahkan barang dan orang ke suatu tempat ke tempat lain. Namun dalam kenyatannya kegiatan transportasi ini masih menimbulkan kerugian bagi pengguna jasa (penumpang). Maka dari itu skripsi berjudul “Perlindungan Hukum Bagi Pengguna  Jasa  Angkutan  Antar  Kota  Bus  CV.  INTRA  Tujuan Medan- Pematang Siantar (Studi pada CV. INTRA Pematang Siantar). Peraturan hukum yang digunakan dalam skripsi ini adalah Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang  Perlindungan Konsumen dan Undang-Undang Nomor  22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Permasalahan dalam skripsi ini adalah pengaturan perlindungan hukum bagi konsumen pengguna jasa angkutan darat bus CV. INTRA, problematika yang dihadapi dalam upaya meminta pertanggung jawaban bus CV. INTRA serta bentuk-bentuk perlindungan hukum yang dapat diberikan kepada pengguna jasa bus CV. INTRA terkait dengan problematika yang dialaminya.
Metode  penulisan  skripsi  ini  menggunakan  metode  penelitian  huku m Yuridis Normatif, penelitian ini memiliki sifat Deskriptif. Data yang digunakan adalah data Sekunder yang terdiri dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier. Penulis penelitian melalui peraturan-peraturan dan bahan hukum yang berhubungan dengan penulisan ini, dalam penelitian melakukan studi lapangan di CV. INTRA Pematang Siantar, metode analisa data yang digunakan adalah metode Kualitatif yang diperoleh dari hasil wawancara dari pihak CV. INTRA Pematang Siantar.
Dari penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa pengangkut an angkutan darat bus CV. INTRA sangat mementingkan perlindungan konsumen atau keselamatan penumpang dan bus CV. INTRA sudah memenuhi standarisasi kelaikan jalan untuk beroprasi, tapi ada beberapa problematika yang dialami oleh penumpang bus CV. INTRA mengenai barang bagasi atau barang bawaan yang sering tertukar, rusak dan hilang dikarenakan pada saat penitipan dan penyerahan barang kurang menjadi perhatian dan pihak CV. INTRA tidak bertanggung jawab atas masalah tersebut dan juga mengenai awak bus yang suka menaikkan penumpang di jalan. Bentuk-bentuk perlindungan hukum yang di berikan kepada penumpang  berupa kompensasi atau ganti kerugian apabila terjadi kecelakaan bagi  setiap  penumpang  yang  menjadi  korban  luka-luka  atau  korban yang meninggal dunia.

Kata Kunci : Perlindungan Hukum, Pengguna Jasa, Angkutan Antar Kota
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi