Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

23. Analisis Fatwa Majelis Tarjih Pengurus Pusat Muhammadiyah Tentang Hukum Talak Dalam Keadaan Emosi

ABSTRAK

Perceraian dalam Islam pada prinsipnya dilarang, hal ini dapat dilihat  dari  isyarat  Rasulullah Saw dalam sabdanya,  bahwa  thalaq adalah perbuatan yang halal yang paling dibenci Allah. Perceraian merupakan   jalan   terakhir   untuk   mengakhiri   pertentangan   dan pertikaian dalam rumah tangga. Oleh sebab itu, keluarga yang mengalami  pertengkaran  dan  percekcokan  serta  rasa benci  antara suami  istri  harus  mencapai  jalan  keluar  yang  layak  untuk  tidak melukai   dan menyakiti  kedua belah   pihak.   Pertentangan   dan pertikaian tersbut memicu  emosi  masing-masing pihak, baik pihak suami   maupun   istri   yang   akhirnya   menimbulkan   percekcokan. Menurut  Fatwa Majelis Tarjih  PP  Muhammadiyah  talak  dalam keadaan emosi yang akal pikirannya telah tertutup, maka talaknya tidak jatuh. Jika talak itu dijatuhkan oleh suami dalam keadaan emosi yang tidak tertutup akal pikirannya, maka talaknya juga tidak jatuh. Orang yang dalam keadaan emosi yang tertutup akal pikirannya disamakan dengan orang yang sedang mabuk.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam  penelitian  ini  adalah  1) Bagaimana  Fatwa  Majelis  Tarjih Pengurus  Pusat  Muhammadiyah  tentang  hukum  menjatuhkan talak dalam keadaan emosi? 2) Bagaimana istinbath Fatwa Majelis Tarjih Pengurus Pusat Muhammadiyah tentang hukum menjatuhkan talak dalam keadaan emosi? Dilihat dari sumbernya penelitian ini termasuk jenis penelitian kepustakaan (library research), di mana data-data yang dipakai adalah data dokumentasi, yakni berupa fatwa Majelis Tarjih Pengurus Pusat Muhammadiyah tentang hukum talak yang dijatuhkan dengan emosi dan rujuknya. Metode analisis  yang  digunakan adalah   metode deskriptif analisis yaitu dengan menguraikan pokok permasalahan kemudian ditarik kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Majelis Tarjih Pengurus Pusat Muhammadiyah menyatakan bahwa talak yang terjadi dalam keadaan emosi yang sudah tidak terkendali kesadarannya maka talak tersebut  tidak  terjadi,  karena  orang  emosi  yang  tidak  terkontrol kesadarannya sama halnya dengan orang yang mabuk.Istinbath hukum fatwa Majelis Tarjih Muhammadiyah tersebut didasarkan pada hadits riwayat Ahmad bin Hanbal yang menjelaskan tentang talak yang dilakukan oleh suami dalam keadaan al maghlub akalnya (orang tertutup akalnya), ketika akal tertutup maka ruang gerak akal itupun sempit sehingga tidak dapat menyadari apa yang diucapkan serta dampak dari ucapan tersebut. Selain disandarkan pada hadits tersebut, perkara talak dalam keadaan emosi ini juga didasarkan pada ayat al Qur’an yang menjelaskan tentang hukum shalat orang yang mabuk, yaitu QS. al Nisa’ 43. Menurut penulis penyandaran hukum tersebut kurang   tepat,   karena   illat (alasan hukum)   dari   perkara   yang disandarkan (perceraian dalam kondisi marah) dengan shalat dalam keadaan mabuk,  kurang sesuai. 
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi