Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

33. Al Idhafah Wa Ma'aniha Fi Kitab Washiyah Al Mushthafa

ABSTRAK

Kitab washiyatul musytafa merupakan kitab kumpulan wasiyat nabi Muhammad Saw kepada ali bin abi thalib karraomallahu wajhah, yang dikarang oleh abdul wahab assay’roni. Kitab tersebut memiliki susunan bahasa arab yang sangat sederhana, tentunya terdapat banyak susunan Idafah dan makna-maknanya. Jenis Idafah ada dua yaitu Idhofah Maknawiyah dan Idhofah Lafddziyah, sedangkan dari segi  artinya,  Idafah terbagi  menjadi  empat  yaitu  Idafah Lamiyah, Idafah Dzarfiyah, Idafah Bayaniyah dan Idafah Tasybihiyah. Idhofah didalam ilmu nahwu adalah suatu hubungan yang membatasi diantara dua kalimat isim, yang mewajibkan membaca jer pada isin yang kedua selamaya. Dalam skripsi ini membahas tentang ‘idhofah dan makna-maknanya dalam kitab washiyatul Mustafa.
Sedangkan metode yang digunakan dalaam pembahasan ini adalah metode kualitatif, pada penelitian ini tidak bisa diperoleh atau diukur menggunakan prosedur-prosedur stastistik. Dan dari jenis penelitian ini menggunakan penelitian dalam kajian ilmu nahwu. Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa idhofah dalam kitab washiyatul Mustafa terdapat 112 data dalam segi jenisnya Idafah Maknawiyah yang berfaidah Ta’rif dan berfaidah Takhsis 21 data, sedangkan untuk jenis Idafah Lafdziyah tidak ditemukan dalam kitab tersebut. Kemudian dari segi makna peneliti hanya menemukan tiga makna yaitu Idafah Lamiyah 88 data, Idafah dzarfiyah 17 data, Idafah Bayaniyah 7 data, akan tetapi untuk makna IdafahTasybihiyah peneliti tidak menemukan.

Kata Kunci: Idafah, Washiyatul Mushtofa, Jenis Idafah, Makna Idafah.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi