Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

26. Implikasi Pemberitaan Kasus Tindak Pidana Korupsi di Media Massa Terhadap Sikap Kuasa Pengguna Anggaran dan Bendahara Dalam Pengelolaan Keuangan Daerah

ABSTRAK
Tesis ini berjudul Implikasi Pemberitaan Kasus Tindak Pidana Korupsi (TPK) di Media Massa terhadap Sikap Kuasa Pengguna Anggaran dan Bendahara Dalam Pengelolaan  Keuangan Daerah  di  Lingkungan  Pemerintah  Provinsi  Sumatera Utara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pemberitaan kasus TPK dengan sikap KPA dan Bendahara dalam pengelolaan keuangan daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Tujuan lainnya adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan sikap antara KPA dan bendahara.
Penelitian ini menggunakan Model Stimulus – Organism – Response (SOR) dari untuk menganalisis temuan di lapangan. Populasi penelitian adalah Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dan bendahara di lingkungan Pemerintah  Provinsi Sumatera Utara yang bertugas Tahun Anggaran 2015. Jumlah populasi sebesar 310 orang dan dengan menggunakan rumus Slovin diperoleh sampel sebesar 76 orang yang terdiri dari KPA sebanyak 59 orang dan bendahara 17 orang. Teknik penentuan sampel menggunakan metode acak sederhana (simple random sampling).
Hasil uji hipotesis menggunakan rumus tata jenjang Spearman (Spearman rank) dengan piranti SPSS menunjukkan bahwa pada level signifikansi 95% (α = 0,05), signifikansi variabel X dan Y adalah 0,000. Ini berarti H0  ditolak atau dengan kalimat lain terdapat hubungan antara pemberitaan kasus TPK di media massa terhadap sikap KPA dan Bendahara dalam pengelolaan keuangan daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Koefisien korelasi Spearman (rs) sebesar 0,529 menunjukkan hubungan berada pada level ‘cukup’.
Hasil  uji  perbedaan  menggunakan  rumus  Mann  Witney  U  Test  menunjukkan bahwa pada level signifikansi 95% (α = 0,05), signifikansi Z hitung adalah 0,461. Ini  berarti  H0   diterima atau  tidak  terdapat  perbedaan  sikap  baik  KPA  dan Bendahara  dalam  pengelolaan  keuangan daerah  di  lingkungan  Pemerintah Provinsi Sumatera Utara berkaitan dengan pemberitaan kasus TPK.
Hasil penelitian menunjukkan pemberitaan kasus TPK di media massa berhubungan  dengan sikap  KPA  dan  bendahara  dalam  pengelolaan  keuangan daerah. Hasil ini sejalan dengan model S-O-R yang menyatakan bahwa perubahan perilaku tergantung kepada kualitas rangsangan yang berkomunikasi dengan organisme.

Kata kunci: Pemberitaan, korupsi, media massa, Pemprovsu
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi