Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

90. Strategi Dinas Pertanian dan Perkebunan dalam Menanggulangi Penurunan Produksi Pertanian Kabupaten Karo Akibat Erupsi Gunung Sinabung

ABSTRAK
Kabupaten Karo merupakan kabupaten yang dikenal sebagai daerah yang memiliki potensi pertanian yang baik. Unggulnya sektor pertanian di Kabupaten Karo selain didukung oleh tanah yang subur tidak lepas dari campur tangan pemerintah daerah khusunya Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Karo. Pada tahun 2013, Erupsi Gunung sinabung berdampak pada penurunan produksi pertanian.  Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Karo menetapkan strategi untuk menanggulangi  penurunan  produksi  pertanian.  Penelitian  ini  bertujuan untuk   mengetahui lingkungan   internal   Dinas   Pertanian   dan   Perkebunan Kabupaten Karo berupa kekuatan dan kelemahan serta lingkungan eksternal Dinas Pertanian  dan  Perkebunan  Kabupaten  Karo  yang terdiri  dari  peluang  dan ancaman.
Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif  yang diarahkan untuk memberikan gejala- gejala, fakta-fakta, atau kejadian-kejadian secara sistematis dan akurat. Informan dalam penelian adalah Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Karo, Kepala Bidang Sarana dan prasarana, Kepala bidang produksi, masyarakat, yang berkaitan langsung dengan topik penelitian ini. Pengumpulan data dan informasi dilakukan dengan wawancara, observasi, studi dokumentasi melalui dokumen- dokumen tertulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan analisis SWOT   dengan   memperhatikan keseluruhan   aspek   internal   dan   eksternal organisasi yaitu kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang dimiliki oleh Dinas Pertanian dan Perkebunan   Kabupaten   Karo   dalam   usaha   menanggulangi penurunan produksi pertanian belum terlaksana dengan baik hal ini dikarenakan oleh sumber daya manusia yang masih belum mencukupi baik dari segi kualitas maupun kuantitas, terbatasnya dana operasional,kurang tegasnya pegawai, masih terjadinya erupsi gunung sinabung, bebalnya masyarakat karo. Faktor-faktor tersebut menjadi penghambat bagi Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Karo dalam menanggulangi penurunan produksi pertanian.

Kata kunci: Strategi, Analisis SWOT, Produksi Pertanian.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi