Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

91. Peranan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam Perencanaan Pembangunan Desa

ABSTRAK
Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang merupakan sarana bagi masyarakat dalam menampung segala aspirasinya untuk merencanakan pembangunan  desanya.  Disini  dibutuhkan prakarsa  dan  swadaya  masyarakat untuk ikut serta dalam merencanakan pembangunan di desanya sendiri. Orientasi pembangunan yang mengikutsertakan partisipasi masyarakat terkandung suatu pengertian bahwa rakyat adalah subjek pembangunan, bukan objek pembangunan. Sebagai subjek pembangunan berarti rakyat didorong untuk aktif terlibat dalam proses pembangunan sejak perencanaan sampai dengan pelaksanaan serta pemeliharaan dan pengembangan suatu hasil pembangunan. Kenyataan menunjukkan bahwa secara umum masih kurang maksimalnya kinerja dari fungsi BPD desa Kepala Sungai dalam hal pembangunan. Oleh karena itu, yang menjadi persoalan dalam hal ini adalah apakah BPD benar - benar melaksanakan peranannya dalam pembangunan desa sesuai dengan yang telah disepakati bersama.
Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui sejauh mana Peran Badan Permusyawaratan Desa dalam pembangunan dan untuk mengetahui apa saja yang menjadi faktor - faktor penghambat Badan Permusyawaratan Desa dalam Pembangunan   di   Desa   Kepala   Sungai   Kecamatan   Secanggang Kabupaten Langkat. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan  pengumpulan data primer berupa wawancara dan observasi dilapangan, dan pengumpulan data sekunder berupa dokumentasi dan studi kepustakaan.Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, dimana informan dalam penelitian ini sebanyak 7 orang yang terdiri dari BPD, unsur Pemerintah Desa, dan unsur Masyarakat. Peran Badan Permusyawaratan Desa dalam pembangunan di Desa Kepala Sungai dapat dikatakan sudah baik, hal ini terlihat dari jawaban informan terhadap Peran Badan Permusyawaratan Desa dalam Pembangunan di desanya. Adapun faktor - faktor yang dapat menghambat Peran Badan Permusyawaratan Desa dalam Pembangunan di Desa Gunung Tua Panggorengan adalah masih kurangnya sarana dan prasarana bagi BPD serta masih terbatas dan kurangnya sumber daya manusia yang tersedia yaitu masyarakatnya yang terkadang kurang aktif dalam proses perencanaan pembangunan desa.

Kata Kunci : Peranan Badan Permusyawaratan Desa, Pembangunan
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi