Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

272. Peningkatan Motivasi Belajar Ips Melalui Model Problem Based Introduction (Pbi) Siswa Kelas V Sd

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan motivasi belajar siswa denang peningkatkan model Problem Based Introduction (PBI) pada siswa kelas V SD 3 Jarakan, Tahun ajaran 2015/ 2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), dengan subyek penelitian siswa kelas V SD 3 Jarakan yang berjumlah 29 siswa. 
Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggar. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. masing- masing perencanaan, pelaksanaan dalam dua siklus tindakan. masing- masing siklus terdiri dari enam pertemuan. Pada seta yang tiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data ialah observasi aktivitas siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Kriteria keberhasilan yang digunakan dalam penelitian ini adalah 75 % dari jumlah siswa motivasi  telah mencapai minimal berkategori tinggi, maka tindakan dinyatakan berhasil. 
Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan Model Problem Based Introduction dapat peningkatan motivasi belajar siswa. peningkatan berdasarkan pada hasil pra tindakan yang menunjukan siswa belum terlihat motivasi dalam pembelajaran, seperti siswa memperhatikan guru saat menjelaskan materi, siswa berani bertanya apa bila tidak mengerti,dan semakin banyak siswa tidak ragu untukbertanya, apa bila tidak mengerti, dan memberikan pendapat saat diskusi kelompok. Pada siklus II, peningkatan lebih maksimal, semakin banyak siswa tidak ragu bertanya dalam mengemukan pendapat. Dan siswa menjawab peningkatan juga dilihat dari persentase motivasi belajar siswa. Persentase motivasi belajar siswa siklus I sebesar 58,3% dan siklus  II sebesar 92%. Sehingga motivasi belajar siswa pada siklus I dan siklus II dipersentasikan sebesar 33,7% dengan demikian model PBI dapat peningkatan motivasi belajar siswa.
  
Kata Kunci: Motivasi belajar siswa, pembelajaran Problem Based Introduction (PBI) 

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi