Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

32. Tinjauan hukum Islam terhadap pelaksanaan zakat usaha ternak bebek potong

ABSTRAK
Zakat termasuk salah satu dari rukun Islam yang lima. Zakat terbagi menjadi  dua,  yaitu zakat fitrah dan  zakat  maal.  Di  desa  Ngimbang Kecamatan   Palang   Kabupaten   Tuban   terdapat beberapa orang yang berprofesi sebagai perternak sekaligus pedagang hasil usaha ternak bebek potong. Wilayah ini  merupakan wilayah 98% beragama Islam. Komoditi hasil usaha ternak bebek potong di wilayah ini cukup produktif, sehingga hasil yang didapatkan dari usaha ternak bebek potong mereka menjadi salah satu komoditi perdagangan di desa Ngimbang Kecamatan palang Kabupaten Tuban.
Dari  asumsi  inilah  peneliti  ingin  melakukan  sebuah  penelitian tentang  pelaksanaan zakat dari hasil  usaha  ternak  bebek  potong  dengan menggali pemahaman dari para pelaku usaha ternak bebek potong tentang kewajiban berzakat atas hasil usaha ternak itu dan bagaimana proses pelaksanaan zakat yang dilakukan. Selain itu, peneliti juga ingin mengetahui bagaimana tinjauan hukum Islam tentang pelaksanaan zakat usaha ternak bebek potong yang ada di wilayah tersebut.
Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) yang juga disebut dengan penelitian kasus (case study) dimaksudkan untuk mempelajari secara intensif tentang pemahaman keagamaan dan keadaan masyarakat yang mempunyai usaha ternak bebek potong di desa Ngimbang-Palang-Tuban. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa zakat usaha ternak bebek potong di  Desa  Ngimbang-Palang-Tuban diqiyaskan dengan zakat perniagaan karena adanya persamaan yaitu adanya  modal, penjualan dan adanya laba/rugi. Nishab usaha ternak unggas atau perikanan dihitung berdasarkan aset usaha. Apabila seseorang berternak unggas dan pada akhir tahun (tutup buku) memiliki kekayaan yang berupa modal kerja dan keuntungan lebih besar atau setara dengan 85 gram emas murni, maka ia telah terkena kewajiban zakat sebesar 2,5%. Pelaksanaan zakat usaha ternak bebek potong yang dilakukan oleh masyarakat di Desa Ngimbang-Palang- Tuban dalam perspektif Hukum Islam, terdapat syarat dan rukun yang belum terpenuhi  yaitu dalam hal  penentuan nishab.  Mereka menghitung nishab berdasarkan keuntungan bukan berdasarkan aset. Hal ini disebabkan karena kurangnya pemahaman masyarakat desa  Ngimbang-Palang-Tuban tentang zakat perniagaan khususnya zakat usaha ternak bebek potong.

Kata Kunci : Hukum Islam, usaha ternak bebek potong, zakat 

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi