Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

98. Evaluasi Level Kinerja Gedung Ar Fachruddin Umy Dengan Metode Pushover Analysis

BAB I.
PENDAHULUAN 
1.1. Latar Belakang
Indonesia adalah negara kepulauan terletak pada garis khatulistiwa yang secara geologis yang berada pada pertemuan lempeng tektonik Eurasia, Pasifik, dan Indo-Australia. Negara Indonesia yang dilalui oleh cincin api pasifik (Ring of Fire) sehingga banyak ditemukan gunung berapi yang masih aktif. Gempa bumi adalah getaran atau gerakan yang terjadi pada permukaan bumi. Arah rambat yang dilepaskan mengakibatkan pelepasan energi yang merambat ke segala arah hingga ke permukaan bumi. Getaran yang disebabkan oleh gempa bersifat merusak struktur yang ada di permukaan bumi yang dapat membuat  suatu struktur bangunan tidak stabil bahkan sampai runtuh sehingga menimbukan korban jiwa.
Oleh karena itu, diperlukan struktur yang dirancang agar dapat menahan gaya gempa yang terjadi. Sebagai negara yang rawan terhadap bencana gempa bumi, bangunan yang terletak di Indonesia harus didesain untuk mampu bertahan terhadap bencana tersebut. Oleh karena itu, bangunan disyaratkan untuk mengikuti peraturan yang sudah ditetapkan. Peraturan ini tertuang dalam  BSN (2012) yang mengatur mengenai ketahanan gedung terhadap beban gempa. Gedung AR Fachruddin sebagai gedung perkantoran dan perkuliahan yang terletak di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dibangun pada tahun 1981 sangatlah perlu dilakukan evaluasi kinerjanya mengingat peraturan gempa yang digunakan pada saat perencanaannya masih menggunakan peraturan lama.
Salah satu cara untuk mengevaluasi kinerja bangunan yaitu dengan cara mencari nilai simpangan gedung tersebut terhadap beban gempa. Metode analisis simpangan (displacement) terhadap beban gempa yaitu Metode Pushover. Pushover merupakan suatu analisa static non linear dimana beban statik yang dianggap sebagai pengaruh gempa rencana pada struktur bangunan gedung yang berpusat massa di setiap lantainya. Nilai beban ditingkatkan berangsur-angsur sampai terbentuk pelelehan (sendi plastis) pertama di dalam struktur gedung (Pranata, 2008). Proses analisis struktur dan beban gempa dilakukan dengan bantuan software ETABS. Hasil analisis dapat menentukan batas layanan dari suatu struktur bangunan. Selain itu luaran lain dari perhitungan ialah perpindahan (displacement) dan interstory drift dari setiap lantai.

1.2. Rumusan Masalah
Rumusan masalah dari penelitian ini sebagai berikut ini.
1. Persyaratan untuk ketahanan gempa pada peraturan gempa terbaru (BSN, 2012) tercantum pada peraturan yang lebih mendetail.
2. Peningkatan frekuensi dan besaran gempa di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memungkinkan gedung AR Fachruddin mengalami penurunan level kinerja. 

1.3. Lingkup Penelitian
Untuk menjaga supaya lingkup penelitian tidak meluas, berikut ini adalah batasan-batasan masalah yang digunakan.
1. Acuan yang dipakai analisis gempa ialah BSN (2012) dengan mengacu pada Peta Gempa 2017.
2. Gambar struktur yang digunakan untuk analisis adalah gambar soft drawing dan gambar rencana.
3. Analisis struktur menggunakan bantuan software ETABS.
4. Bagian gedung yang dianalisis hanya upper structure saja. 

1.4. Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian dari penelitian ini adalah sebagai berikut ini. 
1. Menentukan besaran nilai simpangan (displacement) dan drift ratio akibat beban gempa berdasarkan BSN (2012).
2. Menentukan level kinerja gedung AR Fachruddin.

1.5. Manfaat Penelitian
Manfaat dilakukan penelitian ini sebagai berikut ini.
1. Memperoleh kondisi terkini mengenai level kinerja struktur gedung AR Fachruddin.
2. Menjadi acuan perencanaan gedung tingkat tinggi untuk wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). 
3. Dapat menjadi acuan untuk tindakan perbaikan gedung jika terjadi kerusakan akibat beban gempa.  
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi