Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

117. Sistem Prediksi Posisi Kendaraan Pada Area Parkir Barbasis RFID

BAB I 
PENDAHULUAN 

1.1   Latar Belakang
Tempat parkir merupakan suatu sarana yang penting pada suatu pusat perbelanjaan, perkantoran, dan lain-lain. Luasnya lahan parkir dan banyaknya kendaraan di tempat parkir menjadi kendala bagi pengendara mobil untuk mengetahui atau mencari lokasi pengendara memarkirkan kendaraan dan tempat parkir yang kosong. Sering kali para pengendara banyak kehabisan waktu untuk menemukan posisi kendaraan dan mencari tempat parkir.
Posisi kendaraan pada area parkir diprediksi menggunakan metode whitebox testing. Penelitian ini akan membuktikan bahwa sistem sensor yang dibuat pada area parkir mencapai tujuan penelitian.
Penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya adalah monitoring pergerakan hewan ternak menggunakan teknologi Radio-Frequency Identification (RFID) dengan metode whitebox testing. Penelitian dilakukan untuk mempermudah peternak mengawasi hewan ternak dari tempat lain, tanpa harus mengawasi kandang ternak secara langsung. Kelemahan penelitian ini jarak jangkau pengiriman data tidak lebih dari 200 meter [1].
Penelitian lainnya adalah sistem parkiran kendaraan menggunakan e-ktp sebagai kartu akses. Penelitian menggunakan e-ktp sebagai kartu untuk mengakses area parkir, kelemahan penelitian ini jarak jangkau e-ktp dan RFID pembaca maksimal 3 cm [2].
Visual Basic digunakan sebagai penampil informasi keadaan tempat parkir [3]. Dalam penelitian ini, Light Dependent Resistor (LDR) bekerja sebagai monitoring kendaraan pada blok A dan blok B. RFID tag digunakan sebagai pengenalan kendaraan dan monitoring kendaraan pada area parkir. RFID reader digunakan sebagai pembaca data yang didapat dari RFID tag berupa User ID (UID) . RFID reader ini akan dihubungkan dengan arduino untuk melakukan proses pengolahan data dan menggunakan wifi ESP 8266 sebagai media transmisi. Wifi ESP 8266 bekerja sebagai pengirim data melalui internet dan diteruskan ke komputer yang kemudian ditampilkan pada monitor petugas parkir.
Dalam tugas akhir ini, penulis membuat sistem yang mempermudah para pengendara untuk menemukan posisi kendaraan terparkir dan tempat parkir. Pencarian posisi kendaraan
dilakukan dengan cara memberikan informasi berupa plat nomor, warna kendaraan dan posisi kendaraan. Liquid Cristal Display (LCD) pada pintu masuk blok A dan blok B akan memberitahukan kepada pengendara apakah masih ada tempat parkir kosong.

1.2   Tujuan dan Manfaat
Tujuan penulisan tugas akhir ini adalah membuat sistem prediksi posisi kendaraan pada area parkir. Manfaat penelitian ini adalah memberikan informasi posisi kendaraan berada pada area parkir kepada operator.

1.3   Batasan Masalah
Batasan masalah dalam penelitian ini adalah :
1.   Area parkir yang mampu menampung 5 kendaraan pada blok A dan B
2.   Dimensi prototype 80 cm x 40 cm x 8 cm.
3.   Menggunakan RFID tag sebagai pengganti karcis
4.   Frekuensi RFID tag dengan kisaran 125Khz-134Khz
5.   Jarak pengoperasian pembaca paling jauh 30mm
6.   Modul RFID Reader RC 522 digunakan untuk membaca UID RFID tag
7.   LDR sensor digunakan untuk mendeteksi kendaraan pada blok A dan blok B
8.   Terdapat RFID reader pada pintu masuk, pintu keluar dan pada setiap blok digunakan untuk membaca RFID tag
9.   Mikrokontroler menggunakan Arduino Mega 2560 R3
10. Microsoft Visual basic 6.0 digunakan sebagai user interface diruang operator
11. Wifi ESP 8266 digunakan untuk menghubungkan mikrokotroler agar terhubung dengan oprator melalui internet access
12. Pengendara akan diberikan RFID tag sebagai pengganti karcis
13. Untuk mengakses area parkir, pengendara memasukkan data ke dalam database.
14. Data yang ada dalam database berupa UID RFIDtag, warna kendaraan, plat nomor kendaraan dan blok parkir kendaraan.

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi