Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

118. Prototipe Sistem Otomasi Pembersih Kotoran Ayam Dan Penyortir Telur Berbasis PLC dengan Monitoring HMI

BAB I 
PENDAHULUAN

1.1.  Latar Belakang
Hampir   setiap   rumah   tangga,   warung   makanan   dan   produsen       makanan membutuhkan telur ayam   untuk memenuhi salah satu jenis bahan pokok ini. Untuk memenuhi  salah  satu  bahan  pokok  tersebut  menimbulkan  banyak  peternakan  ayam petetlur. Akan tetapi peternakan ayam tersebut juga menimbulkan masalah berupa bau tahi ayam yang mengumpul dan cara pembersihan dengan menyiram air kotoran ayam tersebut menimbulkan bau yang sangat mengganggu.
Hampir   setiap   warga   yang   berada   dilingkungan   sekitar   peternakan   ayam mengeluhkan bau tahi ayam mengganggu pernafasan dan menimbulkan penyakit pernafasan. Hal ini seperti tertera pada salah satu jenis surat kabar detik.com yang menuliskan “ Ketika Masalah Bau Tahi Ayam Sampai Mahkamah Agung “, berita ini ditulis pada 11 november 2014. Pada berita ini dituliskan bahwa permasalahan bau tahi ayam  yang terjadi di Desa Tateli, Pineleng, Minahasa, Sulawesi Utara,  warga merasa terganggu bau tahi ayam karena peternakan tersebut tidak membersihkan kotoran ayam dan membiarkan menumpuk dan terkena air yang menyebabkan bau yang sangat menyengat[1]. Permasalahan yang timbul tidak hanya pada kotoran ayam tersebut akan tetapi permasalahan kualitas telur juga menjadi perhatian terutama konsumen dari rumah tangga yang menginginkan ukuran telur yang kecil. Kenapa ukuran telur menjadi masalah
? Hal ini disebabkan ukuran telur yang kecil adalah jenis telur yang bagus. Telur ayam yang kecil mempunyai daya tahan yang lebih baik karena mempunyai cangkang telur yang lebih keras dibanding dengan telur ayam yang berukuran besar.
Telur yang berukuran besar cenderung memiliki kulit cangkang yang tipis karena telur ayam yang besar dihasilkan dari ayam yang sudah memasuki usia tua atau afkir
( sebutan untuk ayam yang sudah tidak produktif ). Hal ini sudah dijelaskan oleh salah satu peternak ayam petelur ( Ibu Utik Tri Wulan Cahaya ) di daerah Klaten, Jawa tengah peternak telur juga menuturkan bahwa para konsumen menginginkan jenis telur yang kecil.
Oleh karena itu penulis mencoba memberikan sistem otomatis dalam membersihkan kotoran ayam tersebut dengan otomatis dan menggunakan udara yang dihembuskan pada
kotoran ayam tersebut agar kering dan mengurangi bau yang muncul dari kotoran tersebut penulis juga memberikan sistem pemiihan untuk ukuran telur yang besar dan kecil untuk memudahkan dalam pemasaran. Sistem otomatis tersebut menggunakan kotroler PLC dan HMI sebagai penampil hasil yang diperoleh. PLC ( Programmable Logic Control ) dipilih dalam sistem ini karena PLC mampu digunakan untuk sistem dalam sekala besar atau dalam industri.

1.2.  Tujuan dan Manfaat Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah membuat prototipe sistem otomasi pembersih kotoran ayam dan penyortir telur ayam berdasarkan ukurannya. HMI ( Human Machine Interface  )  digunakan  sebagai  penampil  hasil  penyortiran  telur  yang  diperoleh  dalam sistem tersebut.

1.3.  Manfaat Penelitian
Manfaat   dari   penelitian   ini   adalah   mempermudah   peternak   ayam   dalam membersihkan kotoran ayam dan mensortir telur secara teratur dan berkala.

1.4.  Batasan Masalah
Agar tugas akhir ini sesuai dengan tujuan dan tidak melebar dari masalah  yang kemungkinanan  muncul,  diperlukannya  batasan  masalah  agar  tugas  akhir  ini  berjalan sesuai dengan judul tugas akhir ini. Berikut adalah batasan masalah yang ada dalam tugas akhir ini :
1. Menggunakan PLC OMRON CP1E dengan jumlah port input 18 dan port output
2. Menggunakan HMI PT NT30
3. Komunikasi PLC dengan HMI menggnakan kabel RS232
4. Mengunakan motor DC 12v.
5. Dimensi kandang ayam 100 cm x 60 cm x 40 cm
6. Menggunakan sensor limit saklar sebagai pengaman jumlah kotoran ayam dalam penampungan.
7. Menggunakan sensor optical proximity diffuse untuk mendeteksi telur.

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi