Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

132. Studi Sistem Hybrid Transmisi HVAC atau HVDC

BAB I 
PENDAHULUAN

1.1      Latar Belakang
Transmisi listrik di Indonesia pada umumnya menggunakan sistem kelistrikan HVAC   (High Voltage Alternating Current). Kelebihan dari HVAC adalah tegangannya yang bisa dinaikkan dan diturunkan menggunakan trafo, dan pembangkitannya yang tidak terlalu rumit.  Akan tetapi HVAC memiliki kerugian diantaranya terdapat rugi-rugi korona pada saluran transmisi.  Teknologi lain yang saat ini juga terus dikembangkan adalah HVDC.
Sistem transmisi HVDC dianggap lebih menguntungkan karena memiliki rugi-rugi yang relatif kecil. Walaupun demikian, HVDC akan jauh lebih menguntungkan jika digunakan pada transmisi jarak jauh ( >500 km) [1]. Mengingat kelebihan dan kekurangan dari masing-masing sistem tersebut maka dibuat sistem terintegrasi HVAC/HVDC.
Beberapa penelitian yang telah dilakukan terkait dengan hal inidiantaranya adalah penelitian mengenai aliran daya pada sistem terintegrasi AC-DC antara IEEE 14 bus dengan 33 bus [2], penelitian mengenai penggunaan  HVAC/HVDC untuk   mengurangi   rugi-rugi   disepanjang   saluran   transmisi   [3],   penelitian mengenai kontrol DC yang berinteraksi dengan kontrol wilayah AC konvensional [4]. Pada penelitian tersebut telah dibahas mengenai perubahan magnitude tegangan, dan perubahan aliran daya sistem terintegrasi AC/DC. Berdasarkan penelitian tersebut saya akan membuat penelitian mengenai sistem terintegrasi AC-DC  IEEE 14 bus dengan memperhitungkan jarak dan besarnya beban yang
dipikul. Serta memperhitungkan nilai ekonomis dari perubahan sistem HVAC
menjadi HVAC/HVDC. Adapun parameter yang saya gunakan adalah tegangan, daya aktif, dan daya reaktif. Simulator yang digunakan adalah Etap.

1.2      Perumusan Masalah
Adapun rumusan masalah dari tugas akhir ini adalah :
1.   Bagaimana   profil   daya   aktif,   daya   reaktif,   drop   teganganjika menggunakan HVAC
2.   Bagaimana profil daya aktif, daya reaktif, dan drop teganganjika salah satu penyulang diubah menjadi HVDC
3.   Apakah  langkah  mengganti  salah  satu  penyulang  HVAC  menjadi
HVDC lebih menguntungkan jika ditinjau dari sisi ekonominya

1.3      Tujuan
Adapun tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini adalah :
1.  Mengetahui daya aktif, daya reaktif,  dan drop teganganpada transmisi
HVAC
2.   Mengetahui daya aktif, daya reaktif, dan drop tegangansetelah salah satu penyulang diganti dengan HVDC
3.   Mengetahui apakah Sistem hybrid HVAC/HVDC lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan sistem HVAC

1.4      Batasan Masalah
Pembatasan masalah yang dilakakukan dalam penulisan tugas akhir ini adalah sebagai berikut:
1.   Data yang digunakan adalah data dari standart IEEE 14 bus.
2.   Simulasi menggunakan ETAP

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi