Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

133. Pengaruh Tegangan Tidak Seimbang Terhadap Torsi dan Efisiensi Motor Induksi Lima Phasa

BAB I 
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Motor induksi (asinkron) merupakan elemen terpenting dalam dunia kelistrikan  dan  perindustrian.Halinidikarenakan  motor  induksi  sangat  mudah dalam pengoperasiannya,dan juga memiliki kontruksi yang kuat sederhana dan tidak membutuhkan perawatan banyak dalam pengoperasiannya.
Dalam kehidupan sehari-hari banyak kita temukan berbagai macam motor. Dalam  hal  ini  dilakukan  pengembangan  terhadap  motor  induksi  tiga  phasa menjadi motor induksi lima phasa. Pada saat ini motor induksi lima phasa masih dalam bentuk simulasi tetapi pada tugas akhir ini motor induksi lima phasa telah dibuat dalam prototype nyata. Dalam teori dan hitungan yang dipelajari motor induksi lima phasa lebih effisien dan daya yang dihasilkan lebih besar dari pada motor induksi tiga phasa.
Permasalahan tegangan tidak seimbang yang menyupplai motor induksi lima phasa adalah hal yang mungkin terjadi dalam keadaan praktis dari pengoperasian motor induksi tersebut. Berbagai macam gangguan pada sistem tenaga, distribusi beban-beban satu phasa tidak merata pada sistem tenaga yang sama.
Adanya ketidakseimbangan tegangan ini akan mempengaruhi operasi dari motor induksi, yang mana dalam hal ini lebih ditekankan terhadap torsi dan efisiensi motor induksi tersebut. Hal ini dikarenakan tegangan merupakan salah
satu parameter terpenting dari torsi yang akan dibangkitkan motor induksi, dengan
demikian hal ini akan menentukan daya output dari motor.

1.2 Perumusan Masalah
Adapun rumusan masalah tugas akhir ini adalah :
1.   Bagaimana keadaan efisiensi motor induksi lima phasa pada saat keadaan tegangan seimbang.
2.   Bagaimana  keadaan  torsi  motor  induksi  lima  phasa  pada  saat  keadaan tegangan seimbang.
3.   Bagaimana keadaan efisiensi motor induksi lima phasa pada saat keadaan tegangan tidak seimbang.
4.   Bagaimana  keadaan  torsi  motor  induksi  lima  phasa  pada  saat  keadaan tegangan tidak seimbang.
5.   Bagaimana perbandingan efisiensi dan torsi motor induksi lima phasa pada saat keadaan tegangan seimbang dan keadaan tidak seimbang.

1.3Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penulisan tugas akhir ini adalah :
1. Untuk mengetahui pengaruh tegangan tidak seimbang terhadap karateristik torsi dan  putaran motor induksi lima phasa.
2. Untuk mengetahui pengaruh tegangan tidak seimbang terhadap karateristik pembebanan efisiensi (Pout) motor induksi lima phasa.

1.4 Batasan Masalah
Adapun pembatasan masalah yang dilakukan dalam penulisan tugas akhir ini adalah :
1.   Tidak  menganalisa  gangguan  dan  harmonisa  tegangan  yang  tejadi  pada  sistem tenaga.
2. Tidak   membahas   tegangan   tidak   seimbang   yang   disebabkan ketidakseimbangan sudut phasa dan tidak melibatkan teori komponen - komponen simetris dalam analisa tegangan tidak seimbang.
3.   Tidak membahas pengaruh tegangan tidak seimbang terhadap torsi start dan torsi maksimum motor induksi.
4.   Tidak membahas sistem proteksi pada motor
5.   Defenisi tegangan tidak seimbang yang digunakan dalam tulisan ini adalah definisi  yang digunakan NEMA standard MG1. 1993.
6.   Tidak membahas tentang trafo.
7.   Analisa data berdasarkan peralatan yang tersedia di Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bidang Bangunan dan Listrik.

1.5 Manfaat Penelitian
Adapun manfaat yang didapat dalam penelitian ini adalah :
1. Dapat  memberikan  informasi  kepada  penulis  dan  pembaca  mengenai pengaruh tegangan tidak seimbang terhadap torsi dan efisiensi motorinduksi lima phasa

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi