Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

219. Pengolahan Data Pembelian Dan Penjualan Buah di UD. Restu Ibu Cibitung Bekasi


BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang Masalah

Dewasa ini perkembangan ilmu pengetahuan terutama dibidang komputer semakin modern dan hampir disemua bidang menggunakan perangkat komputer sebagai alat pendukung untuk mencari sebuah informasi yang mudah dan benar. Sejalan dengan masalah diatas kebutuhan informasi memperlihatkan kecenderungan yang meningkat, terutama untuk pengambilan keputusan. Untuk meningkatkan pelayanan kepada konsumen, UD. Restu Ibu perlu membuat mekanisme kerja dan pengolahan data pembelian dan penjualan buah, agar bisa digunakan pihak yang memerlukan informasi tersebut.

Proses Pembelian dan Penjualan dan semua aktivitas lain yang ada di UD. Restu Ibu saat ini masih menggunakan cara manual. Seiring dengan pesatnya perkembangan zaman terutama bidang teknologi, dan agar usaha ini mengalami kemajuan serta penjualan yang relatif bertambah. Maka skripsi ini mencoba menanggulanginya dengan memperbaiki sistem administrasi buah sehingga informasi yang diperlukan dapat lebih cepat diperoleh, hal ini akan sangat membantu pihak pimpinan dalam mengambil suatu keputusan.

Agar mendapatkan hasil yang maksimal dalam pengolahan data pembelian dan penjualan buah, diperlukan sarana yang memadai, misalnya diperlukan alat pengolahan data yang berupa komputer beserta perangkat pendukungnya. Komputer merupakan sarana yang sangat tepat untuk pengolahan data yang bersifat rutin dan banyak, sehingga komputer sangat tepat bila digunakan untuk mengolah data buah yang ada di UD. Restu Ibu.
Komputer merupakan sarana yang sangat tepat untuk pengolahan data yang bersifat rutin dan banyak, sehingga komputer sangat tepat bila digunakan untuk mengolah data buah yang ada di UD. Restu Ibu.

1.2 Pokok Masalah

Masalah yang dihadapi oleh UD. Restu Ibu sangat banyak misal, proses pencatatan data buah yang terjual, proses pencatatan pembelian buah, proses pencatatan pengirim dan proses pencatatan stok buah yang ada di UD. Restu Ibu, dimana di dalam penanganan datanya memerlukan prinsip tepat waktu, tepat sasaran dan dapat dipercaya. Penjualan dilakukan dengan jalan, menjual barang kepada konsumen yang merupakan pelanggan tetap ataupun pelanggan tidak tetap.
Pengolahan data buah yang meliputi penjualan dan pembelian, memerlukan pengolahan yang baik dan benar sehingga kesalahan-kesalahan yang ada dapat ditekan sampai sekecil mungkin. Berdasar hal tersebut diatas UD. Restu Ibu memerlukan pengolahan data penjualan yang dikomputerisasikan, hal ini untuk mendukung kebutuhan dalam pencatatan dan perhitungan yang cepat, rapi dan efisien.

1.3 Batasan Masalah

Dengan banyaknya permasalahan yang ada di UD. Restu Ibu Cibitung Bekasi, maka yang akan dibahas hanya mengenai pengolahan data proses pembelian dan penjualan serta jumlah persediaan stok buah dengan batasan data pembelian serta hubungannya dengan penjualan, data pembeli tidak dicatat, tidak ada retur pengembalian barang, pembelian dilakukan secara tunai.

1.4 Tujuan Penulisan

Tujuan penulisan Pengolahan Data Pembelian dan Penjualan Buah di UD. Restu Ibu Cibitung Bekasi ini adalah :
1. Guna memenuhi persyaratan Akademik dalam menempuh ujian Strata 1 pada STMIK AKAKOM Yogyakarta.
2. Untuk membantu mengatasi masalah yang ada di UD. Restu Ibu khususnya mengenai pengolahan data buah yang dijual dan dibeli pihak pengelola UD. Restu Ibu, karena dengan sistem komputerisasi maka penyediaan informasi yang dibutuhkan dapat tersedia dengan cepat agar dapat memperoleh keuntungan yang maksimal dengan pengeluaran yang seminim mungkin.
3. Sebagai sumbangsih dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya di bidang ilmu komputer.


1.5 Metode Pengumpulan Data

Pengumpulan data merupakan bagian yang sangat penting dalam penyusunan skripsi. Tanpa adanya kelengkapan data, suatu skripsi tidak akan berhasil dengan baik, karena data merupakan syarat dalam penyusunan skripsi.
Adapun cara pengumpulan data dan informasi yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah sebagai berikut :
1. Wawancara
Data diperoleh dengan menggunakan Tanya jawab secara langsung yang berdasarkan obyek yang akan direncanakan untuk memperoleh data yang lengkap. Dalam hal ini wawancara dilakukan secara langsung dengan pihak pengelola UD. Restu Ibu Cibitung Bekasi.
2. Study Kepustakaan
Dari study kepustakaan yang didapat langkah-langkah yang diperlukan dalam proses pembuatan sistem informasi penjualan buah.
Bahan kepustakaan diperoleh dengan mengumpulkan dan membaca bahan-bahan teori yang digunakan sebagai landasan penyusunan skripsi.

1.6 Sistematika Penulisan

Sesuai dengan pembatasan masalah yang dijelaskan secara garis besar, maka sistematika skripsi ini dapat dibagi menjadi 5 bab yaitu sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN
Pada bab ini akan diuraikan mengenai latar belakang masalah, pokok masalah, tujuan penulisan skripsi, batasan masalah, metode pengumpulan data, dan sistematika penulisan.
BAB II LANDASAN TEORI
Dalam bab ini akan diuraikan tentang sejarah singkat U.D Restu Ibu, Prosedur pembelian dan penjualan buah di UD. Restu Ibu Cibitung Bekasi. Juga berisi tentang dasar-dasar teori yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan pada penulisan skripsi.
BAB III PERANCANGAN SISTEM
Pada bab ini meliputi diagram alir data, perancangan tabel, Entity Relationship, diagram alir system, penjelasan diagram alir sistem, perancangan keluaran, dan perancangan masukan.
BAB IV PELAKSANAAN PROGRAM
Pada bab ini membahas tentang spesifikasi program dan proses pelaksanaan operasional program yang terdiri dari program utama, proses pengolahan data, dan program laporan, pelaksanaan program dan sub program.
BAB V PENUTUP
Pada bab ini berisikan tentang kesimpulan dan saran-saran.
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi