Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

34. Implementasi Peraturan Pemerintah nomor 30 Tahun 1980 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Sekretariat Pemerintahan Kabupaten Bengkayang

ABSTRAK  

Implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 30 tahun 1980 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Sekretariat Pemerintahan Kabupaten Bengkayang

Bernard Puna, S.Pd.
Kata kunci : Disiplin Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintahan

Kabupaten Bengkayang. Dalam penyelenggaraan Pemerintahan Kabupaten/Kota,sebagai subsistem  Pemerintahan Negara, setiap daerah diharapkan dapat meningkatkan efektifitas  dan efesiensi penyelenggaraan pemerintahan dalam memberikan pelayanan  kepada masyarakat.
Kabupaten Bengkayang yang relatif masih berusia muda delapan tahun memerlukan sumber daya manusia baik secara kuantitas maupun kualitas.  Sehubungan dengan itu berbagai usaha telah dilakukan, dan yang paling  mencolok salah satunya investasi di bidang pendidikan (lebih kurang 12 % dari  APBD Kabupaten Bengkayang). Setelah berjalan  delapan tahun kebijakan ini  telah berhasil meningkatkan jumlah pegawai. Di sisi lain, peningkatan jumlah  pegawai diikuti dengan peningkatan pelanggaran terhadap disiplin kepegawaian.  
Penelitian ini menelaah penerapan Peraturan Pemerintah nomor 30 Tahun 1980 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Sekretariat  Pemerintahan Kabupaten Bengkayang. Adapun tujuan penelitian ini untuk  mengetahui penerapan PP Nomor 30 Tahun 1980 pada Sekretariat Pemerintahan  Kabupaten Bengkayang sejauhmana ketaatan atau kepatuhan pegawai terhadap  peraturan tersebut untuk menciptakan suasana yang kondusif dalam bekerja  dengan terciptanya disiplin yang tinggi dalam menjalankan tugas. Penelitian dilakukan dengan dua pendekatan, yaitu studi literatur dan wawancara. Wawancara dilakukan langsung dengan pegawai yang melakukan  kegiatan sehari-hari, dan pegawai yang ada hubungannya dengan kewenangan  dalam menjatuhkan hukuman serta yang pernah melakukan pelanggaran.  Hasil  wawancara dan didukung oleh data primer dan data sekunder yang berhubungan  dengan persoalan yang diteliti.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Sekretariat Pemerintahan  Kabupaten Bengkayang telah melaksanakan PP Nomor 30 Tahun 1980. Pegawai  Negeri Sipil dilingkungan Sekretariat Kabupaten Bengkayang telah melaksanakan  Peraturan tersebut dan tidak satupun Pegawai Negeri Sipil menyatakan menolak  melaksanakannya namun pelanggaran yang dilakukan merupakan ketidak  pahaman terhadap peraturan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, dan  beberapa pelanggar disiplin telah menerima hukuman yang telah dijatuhkan  kepadanya dengan sukarela dan tidak merasa terpaksa. Kesadaran akan kesalahan  yang mereka lakukan erat hubungannya dengan sikap dan perilaku individu yang kurang disiplin disamping ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi, seperti  lemahnya pembinaan, tingkat kesejahteraan yang kurang memadai, jarak tempuh  dari rumah ke kantor cukup jauh, fasilitas kerja pendukung terbatas, PP30 Tahun  1980 belum disosialisasikan kepada pegawai yang baru dan masih banyak faktor  lainnya.  
Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Sekretariat Pemerintahan Kabupaten Bengkayang tidak menolak PP Nomor 30 Tahun 1980 dan melaksanakan  kebijakan tersebut sebagaimana peraturan yang berlaku. Sebagai sebuah Kabupaten yang berusia delapan tahun dengan pegawai yang masih sangat terbatas, Pemerintah Kabupaten Bengkayang masih dalam  tahap pembinaan secara persuasif dan lebih banyak memberikan toleransi  terhadap pegawai yang melakukan pelanggaran melalui berbagai pertimbangan. Secara umum, PP Nomor 30 Tahun 1980 Tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil dalam kurun waktu dari tahun 2002 sampai dengan tahun 2006 telah  dilaksanakan dengan cukup baik oleh Pemerintah Kabupaten Bengkayang namun  pelanggaran terhadap peraturan tersebut masih tetap terjadi.

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi