Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

38. Fenomena Pertemuan Dua Lautan Perspektif Al Quran Dan Sains Analisis Penafsiran Surat Ar- Rahman Ayat 19-20 Dan Al Furqan Ayat 53

ABSTRAK

Farid al-Azhar, Fenomena Pertemuan Dua Lautan Perspektif al-Qur’an dan Sains (Analisis Penafsiran Surat ar-Rah}ma>n ayat 19-20 dan al-Furqa>n ayat 53). Seiring berkembangnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, banyak juga temuan-temuan baru yang ketika dikaitkan dengan al-Qur’an, kemukjizatannya akan tampak. Al-Qur’an pada dasarnya tidak hanya berisi ayat-ayat seputar ibadah, melainkan lebih banyak dari al-Qur’an ayatnya berbicara mengenai alam semesta. Lautan sebagai ciri-ciri planet bumi diciptakan jauh lebih luas daripada daratan. Dari sekian ayat yang berbicara tentang laut dalam al-Qur’an, di antaranya ada satu pembahasan menarik, yaitu mengenai isyarat ilmiah pertemuan dua lautan dimana antara keduanya bercampur, namun tidak saling melampaui satu sama lain. Dalam penelitian yang dilakukan ini, penulis menggunakan jenis penlelitian kepustakaan (library research). Metodologi yang digunakan adalah analisis isi (content analysis) dengan pendekatan paralelistik. Metode analsis isi yaitu memilih beberapa ayat yang terkait dengan fenomena pertemuan dua lautan, kemudian dibahas secara rinci. Batasan ayat yang dipilih adalah surat ar-Rahman ayat 19-20 dan al-Furqan ayat 53. Sedangkan pendekatan paralelistik adalah menyetarakan atau mengkolaborasikan antara tafsir al-Qur’an dengan sains dalam mengungkap makna maraj al-bah}rayn dan barzakh serta hikmahnya.
Data yang ditemukan bahwa terdapat perbedaan penafsiran di kalangan ulama mengenai maraj al-bah}rayn (pertemuan dua lautan) dan barzakh (pemisah di antara keduanya). Dari perbedaan-perbedaan tersebut kemudian dikaitkan dengan temuan-temuan sains yang ada, sehingga dari hal yang berbeda itu semuanya dapat diterima dalam konteksnya masing-masing dengan mengacu pada temuan sains. Temuan sains yang diperoleh di antaranya adalah bahwa dua lautan itu bisa dipahami bertemu berdampingan dengan pemisahnya secara vertikal dan juga bisa dipahami bertemu tumpang tindih dengan pemisahnya secara horisontal. Sedangkan untuk pemisahnya (barzakh), dipahami sebagai sebuah daerah dimana kedua lautan yang bertemu itu memang bercampur namun tidak saling melampaui akibat adanya tegangan permukaan di antara keduanya.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa jika surat ar-Rah}ma>n ayat 19-20 tidak bisa ditafsirkan dengan surat al-Furqa>n ayat 53, maka dua lautan (al- bahrayn) yang dimaksud adalah dua laut yang sama-sama asin, namun berbeda karakteristiknya. Sebaliknya jika surat ar-Rah}ma>n ayat 19-20 bisa ditafsirkan dengan surat al-Furqan ayat 53, maka dua laut itu bisa dipahami dengan sungai yang tawar dan laut yang asin. Sedangkan yang menyebabkan kedua lautan tersebut tidak bisa bercampur secara total adalah dari perbedaan karakteristik kedua laut yang menimbulkan tegangan permukaan (gaya tolak menolak antar dua laut). Dan dari fenomena itu pula dapat diambil beberapa hikmah yaitu, perbedaan jenis flora dan fauna yang hidup sesuai habitatnya, sumber perhiasan dan sebagai sumber ideal pembangkit listrik tenaga air.

Kata Kunci: Lautan, Barzakh, Sains.
File Selengkapnya.....
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi