Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

113. Rfid Sebagai Pengaman Pintu Laboratorium Jurusan Teknik Elektro

ABSTRAK

Radio Frequency Identification atau  yang lebih dikenal sebagai RFID  adalah suatu   metode yang   dapat   mengidentifiasi   suatu   benda   /   objek   dengan menggunakan gelombang Radio. RFID sendiri mempunyai 2 bagian utama yaitu RFID Reader dan RFID Tag. RFID Reader adalah alat yang dapat memancarkan gelombang radio dan alat pembaca serial. Sedangkan RFID Tag adalah sebuah alat pembawa data yang terbuat dari silikon   chip yg dilengkapi dengan sebuah antena kecil. Tiap-tiap    RFID Tag memiliki data angka identifikasi (IDnumber) yang unik,sehingga tidak ada RFID Tag yang memiliki ID number yang sama.
Tujuan dari pembuatan alat ini  yaitu untuk meningkatkan keamanan di   ruang laboratorium Fakultas Teknik Jurusan Teknik Elektro UNNES dan untuk memberikan  gambaran  nyata kepada mahasiswa tentang  penggunanaan  sensor RFID untuk aplikasi pengunci pintu otomatis. Sehingga mahasiswa diharapkan mampu menguasai dan mengerti bagaimana cara kerja dari system ini.
Metode pengumpulan data ini dilakukan melalui beberapa metode, diantarnya : Metode Literatur,Uji Coba dan Evaluasi. Metode literatur di dapat dari membaca manual book . Sedangkan yang terakhir adalah metode Uji Coba dan Evaluasi. Laporan Tugas Akhir ini, hanya memberikan uraian singkat mengenai gambaran umum, prinsip kerja, dan Aplikasi RFID untuk pengaman kunci otomatis. Jika RFID tag di dekatkan ke reader maka reader akan membaca serial. Reader akan membaca code  /  serial  dari  RFID  tag,  jika code /  serial  dari  RFID  tag valid (sesuaidengan program) maka reader akan memberikan logic 1. AT-Mega 328 akan memberikan logic 1 kepada relay untuk mengaktifkan solenoid. Push button akan mereset arduino untuk mengembalikan solenoid kekondisi semula.

Kata kunci :  RFID sebagai pengaman laboratorium 
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi