Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

4. Uslubul Ma'ani Fi Surah Al Haqqah Dirasah Al Tahliliyah Al Balaghiyah

ABSTRAK

Al-Qur’an merupakan kitab suci umat Islam dan merupakan wahyu Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Al-Qur’an bukan lah sebuah syair atau pun sajak, melainkan sebuah wahyu yang diyakini oleh umat muslim sebagai kitab suci yang tiada tandingannya. Namun, pada setiap kata dan juga kalimat yang terkandung dalam Al-Qur’an ini memiliki keindahan yang sangat universal dan diakui oleh kalangan- kalangan orang Arab pada zaman dahulu hingga saat ini.
Keindahan yang terdapat pada gaya bahasa Al-Qur’an merupakan suatu hal yang penting untuk dipelajari, karena Al-Qur’an merupakan salah satu petunjuk yang diturunkan oleh-Nya sehingga dapat menuntun manusia kepada kebenaran. Namun, peneliti disini tertarik untuk memaparkan bagaimana gaya bahasa Al-Qur’an dalam kesesuaian  kalimat  terhadap kontekstualnya, sehingga dapat  diketahui  kecocokan kalimat dengan tujuan yang dikehendaki, dan hal itu terdapat dalam kajian balaghah ilmu ma’ani yang mempelajari tentang Al-Kalam, Al-Qashr, Al-Fashl wa Al-Washl, Al- Musawah wa Al-Ijaz wa Al-Ithnab. Objek yang akan dikaji di sini hanya salah satu surat yang ada di dalam Al- Qur’an, yakni surat Al-Haqqah yang menceritakan tentang   begitu dahsyatnya hari kiamat.  Adapun  data  yang  digunakan  berupa kata dan  kalimat  yang terkandung di dalamnya.
Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif, karena data-data yang dikumpulkan berupa kata-kata dan kalimat yang terdapat dalam surat Al- Haqqah yang merupakan salah satu surat dalam Al-Qur’an. Adapun kajian teori yang digunakan dalam penelitian ini berupa kajian sastra ilmu balaghah. Adapun  beberapa  hasil  analisis  yang  telah  dilakukan  oleh  peneliti, dapat diperoleh data-data sebagai berikut:

1.   34 kalam khabari yang terdiri dari 24 ibtida’i, 4 thalabi, dan 6 inkari.
2.   15 kalam insya’i yang teridiri dari 6 amr, 4 istifham, 3 tamanni, dan 2 nida’.
3.   7 kalimat yang termasuk dalam Al-Qashr.
4.   20 kalimat yang termasuk Al-Washl dan 19 yang termasuk Al-Fashl
5.   34 kalimat Al-Musawah, 4 kalimat Al-Ijaz, dan 11 kalimat Al-Ithnab.

Dengan demikian, jelaslah bahwasanya dalam surat Al-Haqqah memilik gaya bahasa kalimat yang sesuai dengan konteks tujuannya (Uslub Al-Ma’ani).

Kata Kunci: Surat Al-Haqqah, Bentuk-bentuk uslub ma’ani dan faidahnya.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi