Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

3. Uslub Al Bayan Fi Riwayah Himar Al Hakim Li Taufik Al Hakim

ABSTRAK

Skripsi  ini  membahas  tentang  novel  himar  al  hakim.  Novel  Himar  al- Hakim merupakan novel karya Taufik al-Hakim pada tahun 1940 M yang menceritakan  kisah seorang pemuda dan anak keledai. Dalam novel ini keledai digambarkan   sebagai   hewan   yang  cerdas. Pada  novel  ini terdapat   banyak ungkapan-ungkapan   yang  mengandung  uslub,  sehingga  penulis lebih  tertarik untuk menulis tentang keindahan uslub atau gaya bahasa bayan yang digunakan Taufik al Hakim dalam novel himar al hakim. Diantara keindahan tersebut ialah dengan  menggunakan tasybih (ﻪﻴﺒﺸﺘﻟﺍ) atau  menyamakan  sesuatu  dengan  suatu yang lain, selain tasybih juga menggunakan majaz (ﺯﺎﺠﻤﻟﺍ) atau menggunakan arti bukan pada lafadz aslinya, selain itu juga menggunakan kinayah (ﺔﻳﺎﻨﻜﻟﺍ) atau menyifati sesuatu sesuai dengan yang disifati. Dalam skripsi ini penulis menggunakan rumusan masalah: (1) Bagaimana bentuk uslub al-bayan dalam novel himar al-hakim karya taufik al-haim? (2) Bagaimana rahasia keindahan uslub al-bayan dalam novel himar al-hakim karya taufik al-haim?.
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan mengambil latar “novel Himar al-Hakim” karya Taufik al-Hakim. Pengumpulan data  dilakukan  dengan  teknik dokumentasi dari  berbagai  literatur  yang  ada. Metode analisis data yang ditempuh adalah analisis deskriptif kualitatif dengan menjelaskan  (menafsirkan)   arti  dan  pesan  yang  dari  dokumen  yang diteliti kemudian ditarik kesimpulan. Adapun pendekatan yang digunakan adalah analisis balaghah khususnya dari segi ilmu bayan yang mencakup tasybih, isti`arah dan kinayah.  Hasil penelitian  yang dilakukan  oleh penulis  menunjukkan:  1) bentuk uslub al-bayan yang terdapat dalam novel Himar al-Hakim karya Taufik al-Hakim yaitu: 37 tasybih, 9 majaz dan 1 kinayah, 2) Keindahan yang terkandung dalam novel  Himar  al-Hakim  karya  Taufik  al-Hakim,  diantaranya:  dari  segi  tasybih terdapat 3 keindahan yaitu 2 tasykhis, 5 tajsim dan 20 taudhih. dari segi istiarah terdapat 1 keindahan yaitu taudhih. Dari segi majaz mursal 2 keindahan yaitu 1 ijaz dan 3 ibda’ al-adabi. dan dari segi kinayah terdapat 1 keindahan yaitu ifadatul bhalaghah fi al-ma’na.

Kata kunci: gaya bahasa, bayan, novel himar al-hakim
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi