Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

17. A Morphological Analysis Of The Suffix

ABSTRAK
Bahasa adalah sebuah alat yang penting dalam berkomunikasi. Ilmu untuk mempelajari bahasa secara ilmiah dikenal dengan istilah ilmu linguistik. Salah satu yang banyak berkontribusi dalam memperkaya pembedaharaan kata adalah imbuhan. Penambahan akhiran pada sebuah kata sering digunakan dalam komunikasi sehari-hari. Oleh karena itu, studi ini fokus pada akhiran {-ure}. Tujuannya adalah untuk mengetahui penggunaan akhiran {-ure} pada sebuah kata. Ada tiga tujuan utama dalam studi ini. Yang pertama adalah menemukan kata-kata dasar yang dapat dilekatkan dengan akhiran {-ure}. Yang kedua adalah mengetahui perubahan-perubahan bunyi ketika sebuah kata menerima akhiran {-ure}. Yang ketiga adalah mengidentifikasi arti dari akhiran {-ure}.
Dalam mengumpulkan data, ada dua kamus yang digunakan yakni Oxford Advanced Learner’s Dictionary of Current English Ninth Edition (2015) dan The New Oxford American Dictionary Second Edition (2005). Berdasarkan sumber-sumber tersebut, ada 89 kata yang menerima akhiran {-ure}. Untuk membuatnya lebih spesifik, 32 kata dianalisis secara sinkronik dan 57 kata dianalisis berdasarkan sejarah.
Beberapa hasil ditemukan dalam studi ini. Yang pertama yaitu akhiran {-ure} melekat pada kata-kata dasar yang berakhiran dengan huruf ‘t’, ‘e’, ‘x’, ‘d’, ‘l’, ‘s’, ‘n’, dan fonem /t/, /z/, /s/, /d/, /l/, /n/, dan /v/. Yang kedua yaitu ada lima perubahan bunyi yang terjadi pada kata-kata yang menerima akhiran {-ure}. Perubahan bunyi tersebut adalah perubahan konsonan, penyisipan suatu bagian, perubahan vokal, penghapusan suatu bagian, dan pengurangan vokal. Yang ketiga yaitu akhiran {-ure} memiliki lima arti yakni ‘tindakan dari-’, ‘hasil dari-’,‘keadaan dari-’, ‘seni dari-’, dan ‘perasaan dari-’.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi