Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

80. Peran Gabungan Organisasi Wanita (Gow) Dalam Meningkatkan Keterampilan Anggota Di Kota

SARI
Kata Kunci: Peran, GOW, Keterampilan

Kemajuan zaman telah banyak mengubah pandangan terhadap perempuan, keikutsertaan kaum perempuan dalam semua aspek semakin terlihat. Setiap organisasi apapun pasti memiliki tujuan utama dalam meningkatkan   kapasitas perempuan, khususnya perempuan dan kelompok lemah yang memiliki ketidakberdayaan, baik karena kondisi internal maupun karena kondisi eksternal. Gabungan   Organisasi   Wanita   (GOW)   Kota   Semarang  merupakan wadah organisasi perempuan Kota Semarang sebagai organisasi kemasyarakatan perempuan yang mandiri, memperjuangkan terwujudnya pendidikan, ekonomi dan kesejahteraan sejalan dengan peningkatan kualitas anggota. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana peran Gabungan Organisasi Wanita dalam meningkatkan keterampilan anggota, (2) Apa kendala yang dihadapi Gabungan Organisasi Wanita dalam meningkatkan keterampilan anggota.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini berada di Sekretariat GOW, Jalan Dr. Sutomo No. 19 A Semarang.  Informan dalam penelitian ini adalah pengurus GOW, serta perwakilan tiap organisasi perempuan  yang tergabung. Teknik pengumpulan  data yang digunakan  adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model interaksi Miles dan Huberman meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peran GOW dalam meningkatkan keterampilan anggota yaitu sebagai komunikator dan koordinator, melalui bidang- bidang yang telah dibuat GOW pada bidang organisasi, pendidikan, ekonomi, kesejahteraan, kebudayaan dan lingkungan hidup, setiap bidang diberikan sosialisasi, pelatihan pengetahuan maupun keterampilan secara berkelanjutan kepada perwakilan tiap-tiap organisasi yang tergabung yang kemudian dilakukan monitoring dan evaluasi, (2) Kendala yang dihadapi yaitu kurang adanya penyediaan sarana penunjang untuk dapat menunjang pengembangan organisasi, pengurus  sering  memiliki  kesibukan  masing-masing sehingga rapat sering diundur, setiap perwakilan organisasi yang tergabung hanya sedikit yang datang pada saat mengikuti kegiatan.
Simpulan dalam penelitan ini menunjukkan peran pengurus GOW sebagai komunikator dan koordinator. Dalam meningkatkan keterampilan GOW telah berhasil melakukan kegiatan yang merupakan program berkelanjutan diantaranya adalah pelatihan pengenalan komputer, peningkatan standard mutu rias pengantin paes  ageng  modifikasi,  pelatihan     pembuatan  tas  anyaman  pita, pelatihan pembuatan aneka mie dan bakso, serta kegiatan bakti sosial, hanya saja perlu adanya peningkatan  dan  pengembangan  keterampilan  yang  lebih  kreatif  dan efektif lagi untuk menarik hati masyarakat termasuk anggota yang tergabung di GOW. Kendala yang dihadapi yaitu, setiap pengurus memiliki kesibukan masing- masing sehingga rapat rutin sering diundur. Beberapa perwakilan tiap-tiap organisasi kurang memberikan peluang waktu untuk mengikuti kegiatan, selain itu sangat dirasakan kurangnya penyediaan sarana penunjang.
Saran yang dapat peneliti rekomendasikan adalah (1) Kepada GOW harus tetap   berupaya dalam   peningkatan   kemampuan   anggota   yang   mendukung program-program Pemerintah Kota Semarang, (2) Kepada Pemerintah Kota Semarang diharapkan untuk menetapkan anggaran permanen agar dalam pelaksanaan program berjalan dengan lancar. (3) Kepada perwakilan organisasi harus lebih aktif lagi dalam mengikuti kegiatan GOW.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi