Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

23. Profesionalisme Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran Aqidah Akhlak

ABSTRAK
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan untuk menjawab permasalahan tentang profesioanlisme guru dalam pengelolaan pembelajaran pada mata pelajaran aqidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Anrong Appaka Kabupaten Pangkep dengan permasalahan (1) Bagaimana profesionalisme guru dalam perencanaan pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Anrong Appaka? (2) Bagaimana profesionalisme guru dalam pelaksanaan pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Anrong Appaka? (3) Bagaimana profesionalisme guru dalam mengevaluasi pembelajaran aqidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Anrong Appaka?
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Anrong Appaka kabupaten Pangkep. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti, Instrumen tersebut didukung oleh instrument lain yaitu wawancar, observasi, dan dokumentasi. 
Hasil penelitian yang diperoleh adalah, profesionalisme guru dalam melaksanakan perencanaan pembelajaran pada mata pelajaran aqidah akhlak adalah guru selalu merencanakan pelaksanaan pembebelajaran dengan merujuk kepada silabus yang telah ada serta menyesuaikan materi dengan kondisi peserta diddik, kemudian menguasai bahan ajar, mempunyai metode yang variatif, membimbing dan mengarahkan. Dalam pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Anrong Appaka, Guru melaksanakan sesuai dengn rencana pelaksanaan pembelajaran dan aplikasinya dalam proses pembelajaran sudah baik, namun dalam menutup kegiatn pembelajarn guru belum menyisihkan waktu yang cukup untuk meninjau kembali materi yang telah diberikan dan memberikan kesempatan untuk bertanya dan menjawab pertanyaan kepada peserta didik. Guru menyesuaikan metode dengan bahan pelajaran, dan memberikan pembiasaan ke pada peserta didik baik dalam kelas maupun di luar kelas. Pada tahap evaluasi guru tidak hanya melihat dari segi kecerdasan akan tetapi guru juga melihat dari segi sikap dan perbuatan yang sesuai dengan tuntunan al-Qur’an dan al-Hadits serta melakukan evaluasi terhadap peserta didiknya dengan meberi keteladanan bagi peserta didik.
Implikasi dari penelitian ini adalah diharapkan kepada para guru agar lebih meningkatkan profesionalismenya sehingga pembelajaran lebih  maksimal. Peserta didik diharapkan lebih meningkatkan prestasi belajarnya baik secara konseptual maupun praktis agar peserta didik lebih bisa menghayati dan memaknai pentingnya sebuah ilmu pengetahuan. Meskipun peneliti tidak memberikan respon yang negatif, namun peneliti berharap perlu diadakan penelitian lebih lanjut terkait peningkatan profesionalisme guru dan lebih meningkatkan komunikasi antara orang tua, guru, dan masyarakat. Untuk menciptakan generasi bangsa yang cerdas dan berakhlak mulia.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi