Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

59. Pemodelan Banjir Di Wilayah Yogyakarta Pada Sungai Kali

BAB I 
PENDAHULUAN 

1.1. Latar Belakang
Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia. Sehingga mempunyai sumber air yang melimpah. Air merupakan unsur yang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia, baik individu maupun industri. Namun, disisi lain hampir setiap tahun terjadi banjir di Indonesia, khususnya pada saat musim penghujanan datang.
Berdasarkan data dari BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Provinsi DIY (2017), kabupaten Bantul merupakan salah satu daerah yang hampir setiap tahun di landa banjir. Sungai Kali Opak secara administratif masuk dalam kecamatan Pleret. Pada setiap datang musim penghujanan, selalu terjadi luapan di Sungai Kali Opak yang menggenangi persawahan dan permukiman warga di wilayah Desa Segoroyoso, Wonokromo, dan sekitarnya.
Banjir  dalam  pengertian  umum  adalah  debit  aliran  air  sungai  dalam jumlah yang tinggi atau debit aliran air sungai secara realtif lebih besar dari kondisi normal akibat hujan yang turun di hulu atau di suatu tempat tertentu secara terus menerus, sehingga air tersebut tidak dapat ditampung oleh alur sungai  yang  ada,  maka  air  melimpah  keluar  dan  menggenangi  daerah sekitarnya (Peraturan Dirjen RLPS No. 04 Tahun 2009).
Banjir dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Curah hujan yang tinggi yang menyebabkan  air  sungai  meluap,  media  penyerapan  air  yang sedikit karena perubahan tata guna lahan akibat manusia, topografi yang cendrung landai,  terhambatnya  saluran-saluran  air  yang  disebabkan  oleh  sampah buangan manusia, perusakan hutan, dan sebagainya. Sehingga banjir mengakibatkan berbagai macam kerugian baik materi ataupun finansial.
Pembuatan peta untuk daerah banjir bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti dengan metode scoring dari beberapa peta dasar seperti curah hujan, kelerengan, dll. Tetapi cara seperti itu kurang bisa mencerminkan kenyataan di lapangan, sebab genangan di daratan berasal dari air yang meluap dari badan sungai. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk membuat peta genangan berdasarkan   data   dasar   berupa   luapan   air   dari   badan   sungai   adalah menggunakan software ArcGIS 10.1 dan Hec-RAS 5.0.3 dengan bantuan tools Hec-GeoRAS 10.1.

1.2. Rumusan Masalah
Permasalahan yang muncul dari latar belakang yang telah dijabarkan sebelumnya, antara lain :
1.   Memodelkan penyebaran genangan air dari hasil luapan sungai.
2.   Berapakah area sebaran air sungai yang tidak bisa tertampung oleh badan sungai dan kemudian menjadi genangan ?

1.3. Lingkup Penelitian
Lingkup penelitian yang dibahas dalam penelitian ini adalah :
1.   Penelitian   dilakukan   di   Sungai   Kali   Opak   yang   terletak   di   Desa Segoroyoso dan Wonokromo.
2.   Debit yang digunakan adalah debit maksimum Sungai Kali Opak yang tercatat di BBWSSO (Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak), pada AWLR (Automatic Water Level Recording) Karangsemut tahun 2010.
3.   Data  DEM  (Digital  Elevation  Model)  yang  digunakan  adalah  DEM modifikasi.
4.   Peta citra dari hasil pengukuran dengan menggunakan teknologi drone.

1.4. Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.   Menentukan seberapa luas area genangan yang berasal dari luapan Sungai Kali Opak.
2.   Memperoleh sebaran area luapan banjir, luas dan kedalaman air.

1.5. Manfaat Penelitian
Manfaat dari penelitian ini, antara lain:
1.   Mengkaji  tentang  pembuatan  peta  genangan  berbasis  data  dari  hasil simulasi hidraulika yang kemudian berupa data elevasi air yang meluap ke daratan.
2.   Membuat   pemodelan   banjir   luapan   sungai   menggunakan   software- software terkini.

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi