Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

74. Redesign Quest Hotel Sagan Yogyakarta Dengan Variasi Penambahan Shearwall Menggunakan Aplikasi Etabs

BAB I  
PENDAHULUAN 
1.1. Latar Belakang
Kota Yogyakarta merupakan salah satu kota destinasi liburan terfavorit dan juga terkenal sebagai kota pelajar sehingga otomatis wisatawan lokal dan asing pun banyak berkunjung,pendatang untuk melanjutkan pendidikan di kota ini pun tinggi,sehingga kota Yogyakarta ini sangat banyak pembuatan hotel untuk dapat menampung keluarga dari pelajar yang sedang menempuh pendidikan di kota tersebut. Dikarenakan banyaknya pembangunan hotel yang menjulang tinggi timbul permasalahan tentang bagaimana agar hotel tersebut tetap aman dan kuat ketika terjadi gempa bumi, karena Yogyakarta merupakan kawasan sering terjadi gempa. 
Dari permasalahan tersebut penulis mengangkat tema merancang ulang Quest Hotel Sagan Yogyakarta dengan variasi penambahan shearwall menggunakan aplikasi ETABS, yang mengacu pada peraturan SNI 1726:2012 untuk gempa, SNI 2847:2013 untuk beton bertulang dan SNI 1727:2012 untuk pembebanan pada gedung. Penulis mengambil tema tersebut karena quest hotel adalah salah satu hotel yang sedang di bangun di daerah yogyakarta yang tepatnya berada di jalan Dagen No 6, Sosromenduran, Gedong Tengen, Yogyakarta. Hotel Quest tersebut memiliki 9 lantai dan 1 basement dengan konstruksi beton bertulang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat keamanan dan kekuatan struktur hotel dengan menambah shearwall. 

1.2. Rumusan Masalah
Rumusan masalah dari tema tugas akhir ini adalah bagaimana pengaruh shearwall terhadap simpangan antar lantai gedung tersebut, bagaimana pengaruh shearwall terhadap periode getar stuktur yang terjadi pada gedung tersebut dan bagaimana pengaruh shearwall terhadap kebutuhan tulangan pada gedung tersebut.

1.3. Lingkup Penelitian
Penulisan tugas akhir ini agar terarah dan terencana, maka penulis membuat suatu batasan-batasan masalah sebagai berikut berikut :
a. Permodelan dan analisis struktur gedung dilakukan dengan menggunakan bantuan program ETABS Versi 9.5.0.
b. Struktur bangunan yang ditinjau adalah quest hotel dengan 9 lantai dan 1 basement dengan denah terlampir.
c. Mengacu pada peraturan :
1) SNI 1726:2013 tentang persyaratan beton struktural untuk bangunan gedung.
2) SNI 2847:2012 tentang Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa untuk Struktur Bangunan Gedung dan Non Gedung.
3) SNI 1727:2012 tentang beban minimum untuk perancangan bangunan gedung dan strutur lain.
d. menganalisis simpangan antar lantai gedung, periode getar stuktur dan kebutuhan tulangan pada kolom, balok dan plat.

1.4. Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut : 
a.  menganalisis pengaruh shearwall terhadap simpangan antar lantai gedung tersebut, 
b.  menganalisis pengaruh shearwall terhadap periode getar stuktur yang terjadi pada gedung tersebut 
c.  memperoleh pengaruh shearwall terhadap kebutuhan tulangan pada gedung tersebut. 

1.5. Manfaat Penelitian 
Penyusunan penelitian ini di maksudkan untuk memperoleh pengalaman,wawasan dan pengetahuan penulis dalam perancangan stuktur gedung dengan bantuan program ETABS Versi 9.5.0. yang mengacu pada peraturan SNI 1726:2012 untuk gempa, SNI 2847:2013 untuk beton bertulang dan SNI 1727:2012 untuk pembebanan pada gedung. Sebagai usaha untuk merealisasikan semua ilmu yang berkaitan dengan teori dan praktikum perancangan stuktur yang telah di peroleh selama menempuh pendidikan di Jurusan Teknik sipil, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi