Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

75. Studi Optimasi Biaya Dan Waktu Menggunakan Metode Time Cost Trade Off Pada Pembangunan Hotel Whiz Prime

BAB I 
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Biaya dan waktu merupakan faktor yang mempengaruhi keberhasilan dan kegagalan sebuah proyek. Hal tersebut menjadi parameter keberhasilan suatu proyek yang dilihat dari waktu penyelesaian serta biaya minimal akan tetapi memiliki mutu terjamin sesuai dengan perencanaan. Waktu pelaksanaan  proyek yang dikelola secara teratur sesuai dengan rencana atau bahkan lebih cepat sehingga memberikan keuntungan dari segi biaya yang dikeluarkan. Serta, dengan memerhatikan waktu pelaksanaan maka secara langsung menghindari dari adanya biaya denda (fine) akibat keterlambatan penyelesaian proyek. 
Optimasi biaya dan waktu sangat penting bagi kegiatan konstruksi. Hal ini digunakan sebagai perencanaan untuk medapatkan biaya dan waktu yang terbaik sehingga proyek mendapatkan keuntungan yang optimal. Untuk mencapai keuntungan tersebut maka dilakukan langkah-langkah untuk mencapai optimasi biaya dan waktu seperti pembuatan jaringan kerja proyek (network), mencari lintasan kritis, menghitung durasi proyek dan mengetahui jumlah sumber daya (resource). 
Penelitian ini membahas tentang optimasi biaya dan waktu pada proyek pembangunan Hotel Whiz Prime, Lampung dengan menggunakan metode penambahan jam kerja (lembur) dan penambahan tenaga kerja dengan menggunakan microsoft project 2010.

1.2. Rumusan Masalah
Penelitian ini diharapkan dapat menjelaskan permasalahan yang ada sehingga dibuat rumusan masalah anatara lain:
1. Berapa besar perubahan biaya dan waktu pelaksanaan proyek sebelum dan sesudah dilakukan penambahan jam kerja (lembur)? 
2. Berapa besar perubahan biaya dan waktu pelaksanaan proyek sebelum dan sesudah dilakukan penambahan jam kerja? 
3. Bagaimana perbandingan biaya dan waktu yang terbaik akibat penambahan jam kerja, penambahan tenaga kerja, dan biaya denda?

1.3. Lingkup Penelitian
Agar penelitian mendapat hasil yang terbaik sesuai dengan latar belakang dan permasalah yang dirumuskan maka akan dibuat batasanbatasan masalah guna memperjelas lingkup penelitian yang akan dibahas, antara lain:
1. Pengambilan data berasal dari proyek pembangunan Hotel Whiz Prime, Lampung.
2. Hari kerja yang berlangsung dalam pelaksanaan proyek adalah Senin – Ahad dengan jam kerja mulai 08.00 WIB hingga 17.00 WIB dengan waktu istirahat pukul 12.00 -  13.00 WIB dan jam lembur maksimum yang diperkenankan adalah 3 jam 18.00 – 21.00 WIB
3. Analisa penjadwalan dan lintasan kritis proyek menggunakan microsoft project 2010.
4. Perhitungan analisa percepatan waktu proyek pada penelitian ini menggunakan alternatif yaitu variasi penambahan jam kerja (lembur) dan penambahan tenaga kerja.
5. Pengoptimasian waktu dan biaya dengan variasi penambahan penambahan jam kerja (lembur) dibantu dengan program microsoft project 2010.
6. Perhitungan biaya denda menggunakan alternatif besarnya perubahan durasi proyek sesudah dilakukan kompresi akibat penambahan jam kerja (lembur) dikalikan 1‰ biaya total proyek.

1.4. Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk :
1. Menganalisa perubahan biaya dan waktu akibat penambahan jam kerja (lembur) pada pelaksanaan proyek konstruksi. 
2. Menganalisa perubahan biaya dan waktu akibat penambahan jam kerja pada pelaksanaan proyek konstruksi. 
3. Memperoleh perbandingan biaya dan waktu terbaik akibat penambahan jam kerja, penambahan tenaga kerja, dan biaya denda.

1.5. Manfaat Penelitian
Penelitian ini diharapkan memberi manfaat seperti :
1. Sebagai bahan pertimbangan dan masukan bagi pelaku kegiatan proyek konstruksi dalam mengambil keputusan yang berkaitan dengan seluruh kegiatan konstruksi.
2. Sebagai acuan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dalam bidang manajemen konstruksi.
3. Memberikan pengetahuan lebih mengenai penggunaan microsoft project untuk kegiatan-kegiatan konstruksi.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi