Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

116. Pemanfaatan Ponsel pada Perangkat Elektronik Sebagai Pemicu Untuk On-Off Peralatan Melalui SMS Panggilan

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Ponsel  merupakan  media  yang  tidak  terlepas  sebagai  sarana telekomunikasi, terutama bagi mereka yang bermobilitas tinggi. Telepon  Selular (Ponsel)  merupakan  media komunikasi  yang  paling  banyak  digunakan  oleh masyarakat  dunia saat ini,  selain  penggunaannya   yang  mudah, ponsel  juga menjadi  sarana  komunikasi  yang  paling cepat  dan  praktis.   Awalnya fungsi ponsel  hanya  sebagai  alat  komunikasi  telepon,  namun  seiring  perkembangan ponsel sudah berkembang menjadi lebih luas.
Pada  saat  ini  jutaan  orang  yang  sudah  menggunakan  piranti telekomunikasi  seluler  seperti  handphone,  PDA dan  sebagainya.  Selain  untuk komunikasi suara, penggunaan jaringan seluler telah berkembang ke bentuk komunikasi data seperti video, gambar, animasi dan teks. Ponsel saat ini sudah dipadukan  dengan  berbagai  aplikasi  seperti  game,  pemutar  musik,  kamus, pengolah gambar, penjelajah internet, chatting, dan berbagai aplikasi lainnya, sehingga  ponsel  saat  ini  semakin  pintar   yang  sering  disebut  smartphone. Layaknya sebuah komputer, smartphone memiliki banyak aplikasi dan aplikasi tersebut dapat ditambahkan sesuai dengan kebutuhan. Kehadiran smartphone membuat ponsel-ponsel tipe low end tersingkir dan semakin tertinggal penggunaannya.
Pada rancangan ini penulis akan membuat perancangan berkaitan dengan pemanfaatan   ponsel   terhadap   perangkat   elektronik   berupa   modul   yang dikendalikan dari jarak jauh tersambung dengan peralatan yang nantinya akan di- on/off-kan melalui ponsel  dengan cara mengirim pesan (SMS) atau penggilan (call). Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi dalam bidang telekomunikasi maka akan dapat di desain alat yang dapat dikendalikan dari jarak jauh. Dengan adanya rancangan ini diharapkan dapat memanfaatkan kembali jenis dari ponsel-ponsel jenis low end dengan biaya yang minim dan bersifat ekonomis.

1.2 Rumusan Masalah
Didalam perancangan ini penulis telah menyusun beberapa masalah dan dirangkum dalam beberapa hal. Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan sebelumnya, maka dapat ditentukan suatu rumusan masalah yaitu :
1.   Bagaimana   merancang   ponsel   sebagai   on/off   terhadap      perangkat elektronik melalui sms/panggilan?
2.   Bagaimana   prinsip   kerja   ponsel   terhadap   modul   elektronik   dalam melakukan proses on/off rangkaian?
3.   Bagaimana   bentuk   implementasi   rancangan   yang   dibuat   terhadap peralatan?

1.3 Batasan Masalah
Mengingat  luasnya  permasalahan  yang  terdapat  pada  topik  penelitian, maka perlu adanya dilakukan pembatasan masalah. Agar penyelesaian masalah yang dilakukan tidak meyimpang dari ruang lingkup yang ditentukan. Adapun batasan masalah yang dibuat ialah sebagai berikut :
1.   Pembahasan perkembangan dan struktur dasar ponsel dalam pemanfaatan secara umum.
2.   Pembahasan   fungsi   ponsel   khususnya   dalam  melakukan   SMS  atau call/panggilan pada sistem rancangan.
3.   Pembahasan  prinsip  kerja  ponsel  terhadap  modul  elektronik  dalam melakukan proses on/off  rangkaian.

1.4 Tujuan Penelitian
Atas dasar masalah yang ditulis dalam perumusan masalah diatas, maka tujuan dari penelitian ini ialah :
1.   Mengetahui dan memahami prinsip kerja dari ponsel terhadap perangkat elektronik dalam proses on/off rangkaian melalui sms/panggilan.
2.   Mengetahui dalam merancang dan merealisasikan ponsel sebagai on/off terhadap perangkat elektronik.

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi