Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

76. Pengaruh layanan sistem informasi akademik berbasis SMS gateway terhadap kepuasan wali murid

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar belakang Masalah
Dalam dunia pendidikan sekarang ini banyak sekali persaingan dari berbagai aspek yang ada dalam sekolah. Banyak dari sekolah yang berlomba untuk mendapatkan pelanggan pendidikan tersendiri, sehingga selalu memicu sekolah untuk selalu berusaha memajukan kualitas pelayanan terhadap pelanggan pendidikan. Diterangkan oleh Fandi Tjiptono bahwa “Sebuah layanan merupakan pencerminan sebuah hasil ataupun produk yang tidak berwujud (Intangible) dalam beberapa bidang.”1 Seperti dalam SBM (School Based Management) memiliki manfaat seperti yang telah dituliskan dalam bukunya Abdul Wahid, bahwa terbangunnya peran serta masyarakat (stakeholder), dapat meningkatkan profesionalisme dan kesejahteraan kepala sekolah, guru, maupun tenaga administrasi sekolah.2 Maka dari segi persaingan tersebut bermacam-macam, antara lain persaingan dalam dunia informasi sekolah. Pelayanan informasi sekolah sendiri sangat berpengaruh terhadap wali murid. Untuk memenangkan persaingan, sekolah harus mampu memberikan kepuasan kepada para pelanggannya.
Sistem informasi saat ini telah menjelma menjadi sebuah alat pendukung pekerjaan utama dan telah mengubah cara pandang, perilaku manusia dalam kehidupan sehari-hari. Sistem informasi menjadi sangat berperan dalam mendukung dan meningkatkan efisiensi, serta memungkinkan pekerjaan dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. Selain itu juga “sistem informasi  merupakan sebuah rangkaian  yang bagian  maupun  komponennya secara bersamaan berfungsi maupun bergerak menghasilkan sebuah informasi untuk digunakan oleh lembaga pendidikan.”3 Dalam kondisi persaingan yang ketat, hal utama yang harus diprioritaskan oleh sekolah salah satu kegiatannya dalam bidang pelayanan adalah kepuasan pelanggan agar
dapat bertahan dan bersaing. Dengan menyadari bahwa sebenarnya nilai merupakan sintesa dari sejumlah hal yang diantaranya adalah kualitas dan pelayanan pelanggan, yaitu kepuasan atau ketidakpuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan ditentukan oleh kualitas barang atau jasa yang dikehendaki pelanggan, sehingga jaminan kualitas menjadi prioritas utama bagi setiap sekolah sebagai tolak ukur keunggulan daya saing perusahaan tersebut. Kualitas pelayanan dalam lembaga jasa merupakan hal yang sangat penting dari sudut pandang pelanggan pendidikan.
Tujuan dari pelayanan yang baik adalah mencegah pembelotan dan membangun kesetiaan pelanggan atau Customer Loyality. Salah satu layanan sistem informasi yang dapat diberikan terhadap pelanggan pendidikan adalah sebuah sistem akademik berbasis Short Message Service (SMS) Gateway. Teknologi SMS memungkinkan orang saling berkirim atau bertukar informasi (berupa teks) melalui mobile device misalnya handphone.
Di dunia akademik, SMS Gateway sangat dibutuhkan. SMS Gateway dapat menyajikan berbagai informasi yang berkaitan dengan proses belajar-mengajar dan perkembangan siswa.
Dalam pengaplikasiannya SMS  Gateway selalu berhubungan langsung kepada pelanggan pendidikan. Pemberitahuan yang dapat diterima oleh pelanggan pendidikan berupa surat pemberitahuan untuk orang tua siswa.
SD Islam Hidayatullah merupakan salah satu sekolah favorit berbasis Islam yang ada di kota Semarang. Sekolah ini mengalami perkembangan yang sangat maju dari tahun ke tahun. Kemajuan ini dialami SD Islam Hidayatullah karena  mereka selalu berusaha untuk memenuhi segala kebutuhan para pelanggannya yang salah satunya yaitu dengan pemberian informasi akademik.
Pada awalnya SD Islam Hidayatullah dalam memberikan  pelayanan informasi akademik kepada para siswa, guru, orang tua dan masyarakat kurang berjalan dengan baik. Hal ini dikarenakan sekolah dalam mengelola data akademik seperti data guru atau staf, data siswa dan data nilai siswa masih menggunakan cara manual yaitu dengan menggunakan kertas. Seiring dengan berjalannya waktu dalam pelaksanaannya cara ini dirasa kurang berjalan dengan optimal karena dalam prosesnya membutuhkan tenaga serta waktu yang banyak dan juga dalam pencarian data masih lambat dan terlalu lama.
Oleh karena itu untuk mengatasi masalah tersebut, SD Islam Hidayatullah mulai memanfaatkan dan menerapkan sistem informasi akademik yang berupa SMS Gateway. Sistem tersebut diterapkan oleh SD Islam Hidayatullah untuk memberikan pelayanan 
yang maksimal. Dengan adanya sistem informasi akademik SMS Gateway diharapkan hubungan antara orang tua murid dengan sekolah dapat terjalin dengan optimal sehingga nantinya akan dihasilkan informasi yang baik, cepat, tepat.
Sistem informasi akademik SMS Gateway yang diterapkan oleh SD Islam Hidayatullah adalah sistem informasi akademik berbasis JIBAS (Jaringan Informasi Bersama Antar Sekolah). Penerapan sistem ini dilakukan oleh SD Islam Hidayatullah karena sistem informasi akademik berbasis JIBAS bersifat gratis atau tanpa mengeluarkan biaya apapun dalam memperolehnya, mudah dalam mengoperasionalkannya dan juga dalam penggunaanya dilakukan secara  offline atau tanpa internet.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang penelti paparkan di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: “Adakah pengaruh layanan sistem informasi akademik berbasis SMS Gateway terhadap kepuasan pelanggan pendidikan wali murid kelas 4B di SD Islam Hidayatullah”?
C. Tujuan dan Manfaat Penelitian
Adapun tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan sistem informasi akademik berbasis SMS  Gateway di SD Islam Hidayatullah.
Sedangkan manfaat dari penelitian ini adalah
1.   Secara teoretis:
Untuk mengembangkan kajian mengenai sistem informasi akademik berbasis SMS Gateway yang dapat meningkatkan kepuasan pelanggan pendidikan di SD Islam Hidayatullah
2.   Secara praktis:
a. Bagi sekolah, penelitian ini diharapkan dapat membantu memberikan kontribusi untuk pengembangan layanan sistem informasi akademik berbasis SMS Gateway terhadap peningkatan kepuasan pelanggan di SD Islam Hidayatullah
b. Bagi orang tua dan masyarakat, penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada orang tua siswa dan masyarakat akan pentingnya layanan sistem informasi akademik  berbasis SMS Gateway untuk pemberian layanan akademik yang baik, cepat, tepat dan akurat.

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi