Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

126. Analisis Kinerja Jaringan Fiber To The Home (FTTH) Di Jalan Lotus Perumahan

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Perkembangan teknologi telekomunikasi pada saat ini sudah mengalami kemajuan sangat pesat dan cepat sehingga banyaknya permintaan dan peningkatan kebutuhan akan informasi yang terus memacu para penyedia layanan untuk memberikan media transmisi yang dapat diandalkan dari segi kualitas sinyal, waktu akses (no delay), keamanan data, daerah cakupan yang luas, maupun harga jual yang kompetitif.
Keterbatasan jaringan akses tembaga yang dinilai   belum dapat menampung kapasitas bandwidth  yang besar serta kecepatan tinggi, maka   PT. Telkom berusaha meningkatan kualitas layanan untuk membuat infrastruktur menggunakan serat optik sebagai media transmisinya. PT. Telkom untuk kota Medan sudah menargetkan tahun
2013 akan merombak jaringan akses tembaga menjadi jaringan akses fiber optik sampai ke rumah-rumah  yang disebut fiber to the home (FTTH). Dalam pelaksanaan FTTH tersebut, PT.Telkom merekomendasikan dan menggunakan teknologi GPON untuk jaringan akses FTTH. Salah satu teknologi dari beberapa teknologi sistem komunikasi serat optik adalah GPON.
PT.Telkom Indonesia, Tbk sebagai salah satu operator telekomunikasi di Indonesia, dituntut untuk selalu tepat dan cepat dalam menangani masalah agar dapat memuaskan pelanggannya, salah satu masalahnya adanya gangguan sinyal yang disebabkan   redaman   dan   dispersi   sehingga   dapat   mengganggu   proses   transmisi. Parameter yang digunakan dalam perhitungan adanya gangguan sinyal yang disebabkan redaman dan dispersi yaitu parameter   power link budget dan rise time budget untuk 

panjang gelombang 850 nm (uplink) dan 1300 nm (downlink) digunakan multimode fiber sedangkan  1310  nm  (uplink)  dan1490  nm  (downlink)  digunakan  singlemode  fiber melalui jaringan ODN(Optical Distribution Network).
Optical Distribution Network (ODN)  merupakan peralatan yang menyediakan transmisi optik antara OLT (STO) dan ONT (pelanggan) seperti kabel serat optik, splices, connector dan splitter.

1.2 Perumusan Masalah
Adapun rumusan masalah tugas akhir ini adalah sebagai berikut :
1.   Bagaimana  menganalisis  kinerja  jaringan  akses  FTTH  dengan  parameter power link budget dan rise time budget yang menggunakan panjang gelombang 850 nm, 1300 nm, 1310 nm dan 1490 nm.
2.   Bagaimana menentukan kelayakan sistem jaringan akses FTTH.

1.3 Tujuan Penulisan
Adapun tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini adalah mempelajari dan menganalisis parameter power link budget dan rise time budget agar dapat mengetahui apakah sistem layak atau tidak untuk diimplementasikan.

1.4 Manfaat Penulisan
Manfaat yang diperoleh dari penelitian ini adalah memberikan informasi kepada penulis dan pembaca yang lain agar dapat mengetahui apakah sistem layak atau tidak untuk diimplementasikan di lapangan dengan cara menganalisis kinerja jaringan FTTH. 

1.5 Batasan Masalah
Untuk membatasi materi yang akan dibahas pada tugas akhir ini, perlu membuat batasan masalah yang akan dibahas. Hal ini diperbuat agar pembahasan dari tugas akhir ini menjadi lebih terfokus dan mencapai hasil yang diharapkan.
1.   Perencanaan hanya membahas dari OLT sampai ONT.
2.   Perencanaan hanya membahas single mode fiber dan multimode fiber
3.   Perencanaan  tidak  membahas  rugi-rugi  serat  optik,  pengkodean,  topologi, penguatan, QOS dan BER.

1.6 Metode Penulisan
Pada  pengerjaan  Tugas  Akhir  ini  metode  penulisan  yang  dilakukan  ada beberapa metode  yaitu :
a)  Studi literatur
Berupa  studi  kepustakaan  dan  kajian  dari  berbagai  sumber  pustaka  yang berhubungan dan mendukung penulisan tugas akhir ini.
b)  Studi lapangan
Berupa melaksanakan pengukuran langsung untuk memperoleh data-data yang diperlukan.
c)  Studi analisis
Berupa analisis terhadap permasalahan dalam tugas akhir ini. 

1.7 Sistematika Penulisan
Untuk memudahkan pemahaman terhadap Tugas Akhir ini maka penulis menyusun sistematika penulisan sebagai berikut.

BAB I        PENDAHULUAN
Bab ini merupakan pendahuluan yang berisikan tentang latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penulisan, manfaat penulisan Tugas Akhir, batasan  masalah,  metode penulisan,  dan  sistematika penulisan  dari  Tugas Akhir ini.

BAB II       SISTEM KOMUNIKASI SERAT OPTIK
Bab ini membahas tentang teori-teori yang mendukung jaringan akses serat optik meliputi dasar sistem komunikasi serat optik, bagian- bagian serat optik, prinsip kerja serat optik, jenis- jenis serat optik, tipe-tipe serat optik, keuntungan dan kerugian serat optik, line code, parameter untuk menganalisis kinerja transmisi serat optik.

BAB III     JARINGAN AKSES FTTH  DENGAN  MENGGUNAKAN TEKNOLOGI GPON
Pada  bab  ini  membahas  tentang  GPON,  penentuan  komponen  beserta spesifikasi, jaringan lokal akses serat optik 

BAB IV     ANALISIS KINERJA JARINGAN FTTH
Pada bab ini membahas tentang analisis hasil perhitungan power link budget
dan rise time budget

BAB V      KESIMPULAN DAN SARAN
Pada bab ini berisi tentang kesimpulan dari hasil penelitian Tugas Akhir serta saran untuk perkembangan lebih lanjut.

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi