Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

127. Studi Antena J-Pole untuk Penguatan Sinyal Global System for Mobile Frekuensi 900MHz dan 1800 MHz

BAB I
PENDAHULUAN

1.1       Latar Belakang
Teknologi GSM (Global System for Mobile) merupakan salah satu teknologi yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Teknologi GSM juga merupakan sistem dengan jaringan yang sangat luas serta memiliki keunggulan dalam layanan komunikasi karena pelanggan dapat berkomunikasi secara bebas dalam  area  layanan  tanpa  mengalami  gangguan  jaringan  serta  pemutusan hubungan dengan MS (Mobile Station) yang bersifat fleksibel. Teknologi GSM dapat mentransmisikan voice dan data[1].
Kebutuhan yang besar akan teknologi GSM ini merupakan tantangan bagi operator layanan (provider) untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna layanannya (user). Dalam proses layanan tersebut kemungkinan besar pasti terdapat masalah yang terjadi oleh karena hambatan yang ada antara base station dengan mobile station, misalnya karena struktur bangunan, material penghalang lain atau jarak yang jauh, isyarat yang diterima oleh perangkat seluler dapat mempunyai kualitas yang rendah. Kualitas yang rendah ini dapat mengakibatkan komunikasi menjadi tergganggu.Indikator-indikator yang menunjukkan terjadinya permasalahan yang berkaitan dengan hal ini antara lain terjadinya dropped call, blocked call, kegagalan handover (handover failure), dan sebagainya. Dengan penggunaan GSM Repeater maka isyarat yang lemah ini diambil dan dikuatkan dengan  bantuan  antena  untuk  outdoor  antena  kemudian  diteruskan  melalui 

coaxialke  unit  repeater.  Unit  repeater  ini  difilter  dengan  band  pass  filter. Kemudian disalurkan ke indoor antena melalui coaxial untuk dipancarkan ulang.
Untuk menjamin kontinuitas hubungan komunikasi antara base station dengan mobile station yang dalam kondisi yang sudah dijelaskan di atas, maka dibutuhkan penguat sinyal (repeater). Penguat isyarat (repeater) terdiri dari antena penerima, penguat sinyal dan antena pengirim sinyal[2].
Oleh karena itu pada Tugas Akhir ini merancang antena J-Pole dengan frekuensi untuk komunikasi sinyal GSM frekuensi 900 MHz dan 1800 MHz. Antena J-Pole dipilih karena memiliki kelebihan dibandingkan dengan antena lainnya,  yaituomnidirectional  pattern,  simple  dan  sangat  mudah  dibuat,  bisa dipakai untuk antena emergency, biaya pembuatannya murah. Adapun parameter- parameter yang diamati pada antena ini adalah pola radiasi, gain, VSWR dan bandwidth.
1.2       Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah dari Tugas Akhir ini adalah sebagai berikut:
1.   Menjelaskan pengertian dari antena J-Pole
2.   Melakukan  perancangan  antena  J-Pole  dengan  kinerja  yang  cukup bagus  untuk  penguatan  sinyal  GSM  frekuensi  900  MHz  dan  1800
MHzmenggunakan software Mmana-Gal.

1.3       Tujuan Penulisan
Adapun tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini adalah mensimulasikan danmenganalisis hasil perancangan antena J-Pole yang bekerja untuk penguatan sinyal GSM frekuensi 900 MHz dan 1800 MHz. 

1.4       Manfaat
Adapun manfaat dari penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk dijadikan sebagai panduan dalam menyediakan informasi yang berguna dalam merancang sistem  penguatan  sinyal  GSM  frekuensi  900  MHz  dan  1800  MHz  yang sebenarnya menggunakan antena J-Pole.

1.5       Batasan masalah
Mengingat   luas   dan   kompleksnya   ruang  lingkup   yang   terkait   dan tercakupi,   maka   untuk   lebih   mengarahkan   pembahasan   perlu   dilakukan pembatasan sebagai berikut:
1.   Hanya  membahas  tentang  antena  J-Pole  yang  bekerja  pada  penguatan sinyal GSM frekuensi 900 MHz dan 1800 MHz.

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi