Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

128. Analisis Kinerja Content Delivery Network Menggunakan Teknik Geo Domain Name System

BAB 1
PENDAHULUAN

1.1       Latar Belakang
Munculnya web sebagai media untuk berbagi konten dan layanan telah menyebabkan pertumbuhan internet  yang cepat. Pada saat  yang sama, jumlah pengguna yang mengakses konten dan layanan berbasis web tumbuh secara pesat. Hal  ini  menyebabkan  permintaan  yang sangat  besar pada bandwidth  internet. Akibatnya banyak server dari situs web tidak dapat melayani permintaan semua pelanggan.

Dengan demikian, diperlukan peningkatan kapasitas pelayanan dan kecepatan server sehingga pertumbuhan pengguna internet masih dapat diimbangi oleh layanan server. Namun, penambahan server di lokasi yang berbeda akan membutuhkan sumber daya yang menambah cost jaringan. Sehingga dibutuhkan sebuah sistem yang bisa dijadikan solusi untuk mengatasi masalah tersebut yaitu Content Delivery Network (CDN).

Content Delivery Network (CDN) merupakan teknologi mirroring content yang  melakukan replika content dari server original ke edge server yang tersebar di seluruh dunia. Sehingga dengan penggunaan CDN ini, suatu web akan cepat dibuka dari negara manapun dan kuota bandwidth di server asal akan sangat minim pemakaiannnya. Perkembangan CDN diikuti dengan lahirnya perusahaan- perusahaan yang menyewakan server-server sehingga para pemilik website tidak perlu membangun server sendiri. 

Permasalahan yang ada pada jaringan CDN adalah DNS tidak dapat mengalokasikan alamat URL ke alamat IP  yang sesuai dengan rute terdekatnya, sehingga dibutuhkan sebuah teknik dalam meningkatkan layanan CDN.
Tugas Akhir ini mengajukan studi analisis kinerja teknik Geo Domain Name System  (Geo  DNS) pada  Content  Delivery Network.  Teknik  Geo  DNS terintegrasi  dalam  Domain  Name  System  (DNS)    yang  digunakan  oleh  CDN dalam membagi tugas pelayanan pelanggan kepada server-server yang bersangkutan.

1.2       Perumusan Masalah
Perumusan masalah pada penelitian ini adalah :
1.   Memodelkan jaringan CDN pada simulator.
2.   Menerapkan teknik Geo DNS pada jaringan CDN dalam simulator.
3.   Parameter  kinerja  yang  dapat  mempresentasikan  kualitas  sistem  yaitu berupa delay, packet loss dan throughput.

1.3       Tujuan Penelitian
Adapun  tujuan  dari  penelitian  Tugas  Akhir  ini  yaitu  untuk membandingkan kinerja dari ketiga konfigurasi jaringan yaitu single server, jaringan CDN tanpa Geo DNS dan jaringan CDN dengan teknik Geo DNS.

1.4       Manfaat Penelitian
Manfaat dari penelitian Tugas Akhir ini yaitu dapat mengetahui hasil kinerja yang lebih baik terutama terhadap delay, packet loss dan throughput dari ketiga konfigurasi jaringan (single server, jaringan CDN tanpa Geo DNS dan jaringan CDN dengan teknik Geo DNS). 

1.5       Batasan Masalah
Adapun batasan masalah dari penelitian ini antara lain :
1.   Simulasi hanya menggunakan tiga server yang melayani permintaan dari sepuluh client.
2.   Hanya menganalisis penerimaan data (download) dan tidak menganalisis pengiriman data (upload).

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi