Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Hubungan Antara Motivasi Kerja Dengan Produktivitas Karyawan Divisi Kargo Pada PT. Gapura Angkasa

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Sumber daya manusia merupakan masalah yang penting bagi perusahaan guna terciptanya tujuan perusahaan. Pada umumnya tujuan perusahaan adalah mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin agar dapat membiayai kelangsungan hidup perusahaan. Setiap perusahaan selalu berusaha untuk mencapai efisiensi penggunaan sumber daya manusia.
Persaingan bisnis yang semakin meningkat akan memaksa perusahaan untuk mengikutsertakan masalah sumber daya manusia kedalam strategi perkembangan perusahaan. Daya saing perusahaan akan sangat ditentukan oleh kemampuan sumber daya manusia yang dimiliki perusahaan tersebut untuk memanfaatkan Ilmu Pengetahuan & Tekhnologi (IPTEK) akan menjadi sumber keunggulan yang sangat penting.
Salah satu cara agar dapat bertahan menghadapi persaingan tersebut adalah dengan meningkatkan produktivitas karyawan yang merupakan salah satu faktor produksi dan faktor utama dalam mempertahankan dan meningkatkan keberhasilan kegiatan suatu perusahaan.
Usaha yang dapat dilakukan untuk meningkatkan produktivitas karyawan adalah dengan memberikan motivasi secara komprehensif agar para karyawan terdorong untuk bekerja lebih baik lagi serta turut merasa bertanggung jawab atas kelancaran jalannya kegiatan operasional perusahaan.

Motivasi merupakan faktor yang penting dalam usaha meningkatkan produktivitas karyawan. Motivasi dapat diberikan dalam wujud materi maupun penghargaan serta melalui pengembangan karir, dengan memberikan kesempatan berupa pendidikan dan pelatihan dan promosi jabatan. Motivasi mempersoalkan bagaimana caranya mengarahkan daya dan potensi karyawan, agar mau bekerja sama secara produktif berhasil mencapai dan mewujudkan tujuan yang telah ditentukan.
Memacu karyawan dalam upaya meningkatkan produktivitas tidaklah mudah, untuk itu diperlukan suatu pendekatan-pendekatan perilaku dalam diri karyawan dan lingkungan organisasi itu sendiri. Salah satu upaya tersebut adalah dengan memberikan motivasi. Motivasi yang diberikan dapat menimbulkan semangat kepada karyawan untuk lebih meningkatkan produktivitasnya.
Sumber daya manusia merupakan faktor yang sangat menentukan dalam proses perkembangan dan kemajuan perusahaan khususnya dan pembangunan bangsa pada umumnya. Tanpa adanya produktivitas yang tinggi dari sumber daya manusia maka semaju apapun bidang teknologi tidak akan ada artinya, karena dengan tersedianya tenaga potensial yang berkualitas tinggi mutlak diperlukan oleh suatu perusahaan dalam upaya pencapaian tujuan dan target sasaran yang diprogramkan perusahaan. Oleh karena itu, produktivitas dari para karyawan ataupun anggota dari suatu organisasi senantiasa harus selalu ditingkatkan guna mencapai tujuan dan target sasaran perusahaan yang telah diprogramkan secara efektif dan efisien. Sumber daya manusia tidak dapat disamakan dengan mesin atau benda apapun yang mudah dibentuk dan diatur.
Produktivitas karyawan harus menjadi bagian yang tidak boleh dilupakan dalam penyusunan strategi bisnis, yang mencakup bidang produksi, pemasaran, keuangan, dan bidang-bidang lainnya. Oleh karena itu, untuk dapat meningkatkan produktivitas karyawan diperlukan motivasi secara komprehensif. Untuk itu pihak manajemen menyediakan fasilitas-fasilitas yang dapat memacu produktivitas karyawan.
Berdasarkan uraian diatas maka penulis tertarik untuk mengkaji lebih dalam dan mengemukakan dalam bentuk sebuah skripsi dengan judul :
“Hubungan Antara Motivasi Kerja Dengan Produktivitas Karyawan Divisi Kargo Pada PT. Gapura Angkasa Jakarta Tahun 2007”.

B. Perumusan Masalah
1. Identifikasi Masalah
Berdasarkan uraian yang dikemukakan pada latar belakang masalah diatas, maka masalah-masalah yang dapat diidentifikasi adalah sebagai berikut :
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi