Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

144. Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Penjas Siswa Madrasah Aliyah Negeri Kota Pekalongan


ABSTRAK


Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar penjas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar penjas siswa Madrasah Aliyah Negeri Kota Pekalongan tahun 2005.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskriptif kuantitatif. Populasi didalam penelitian ini adalah siswa MAN Kota Pekalongan, dimana dalam pengambilan sampelnya dilakukan dengan proporsional random sampling. Proporsi yang dipakai sebesar 10 % pada setiap MAN, sehingga jumlah siswa yang digunakan dalam sampel sebesar 312 siswa. Sedangkan random samplingnya dengan menggunakan cara undian, dengan demikian peneliti memberi hak yang sama kepada setiap subyek untuk memperoleh kesempatan dipilih menjadi sampel, sedangkan instrumen yang dipakai adalah kuesioner yang telah dikembangkan. Untuk menghitung validitas angket dengan menggunakan korelasi product moment dimana hasil perhitungan reliabilitas rxy dikonsultasikan dengan harga r tabel dengan taraf signifikan 5 %. Jika harga r xy dihitung lebih besar dari r tabel, maka dikatakan item soal atau instrumen tersebut valid dengan nilai validitas 0,361. Sedangkan untuk mencari reliabilitas dalam penelitian ini dengan menggunakan rumus alpha, dan untuk mencari ada tidaknya pengaruh minat belajar siswa pada pelajaran penjas dengan menggunakan analisis regresi.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa minat belajar Penjas siswa termasuk kategori tinggi dengan persentase skor 73,21%. Rata-rata hasil belajar Penjas adalah 7,0 dan termasuk kategori baik. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi Yˆ = 4,136 + 0,02599X2, dengan diperoleh Fhitung = 205,751> Ftabel = 3,87. Hal ini berarti ada pengaruh minat belajar siswa pada pelajaran penjas terhadap hasil belajar Penjas. Besarnya tersebut berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi (R2) sebesar 39,9%.

Mengacu dari hasil penelitian tersebut dimana minat belajar siswa pada pelajaran penjas berpengaruh terhadap hasil belajar Penjas, maka penulis mengajukan saran agar hasil belajar dapat meningkat, maka perlu memperhatikan minat belajarnya. Untuk meningkatkan minat belajar dapat dilakukan dengan memantapkan tujuan belajar sebagai salah satu faktor penunjang kesuksesan, dengan cara mengkemas materi pelajaran yang lebih menarik, sehingga siswa meu mengikuti dan mempelajari materi yang diberikan oleh guru yang akhirnya akan diperoleh hasil belajar yang maksimal.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi